Dampak Kekeringan, Warga Desa Sindaggalih Sumedang Hadapi Jalan Sulit Untuk Mengambil Air

SUMEDANG – Musim kemarau sudah mulai berdampak di beberapa daerah, salah satunya Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Diketahui, wilayah RT03 dan 04, RW11 di Desa Sindanggalih saat ini tengah mengalami kekeringan dan kesulitan mendapat air bersih.

Akibatnya, beberapa hari kemarin para warga yang terdampak kekeringan terpaksa harus mengambil air ke RT hingga RW tetangga dengan trayek jalan yang menanjak serta menurun.

Sebagai tindak lanjut, pihak desa akhirnya mengusulkan bantuan air bersih kepada PDAM Kabupaten Sumedang cabang Kecamatan Cimanggung.

Humas PDAM Cabang Cimanggung, Ely Kurniawati mengatakan, dia menerima laporan terjadi kekeringan dari pihak desa sekaligus mengusulkan bantuan kiriman air bersih.

“Saya dapat telepon kemarin, di Desa Sindanggalih ada yang kekeringan,” kata Ely kepada Jabar Ekspres di lokasi kekeringan, Kamis (9/9).

Ely menjelaskan, usai mendapat laporan sekaligus usulan mengenai kekeringan di RW11 Desa Sindanggalih, dia pun berupaya agar secepatnya dapat mengirim pasokan air bersih.

Alhamdulillah hari ini bisa dikirim, saya takutnya belum bisa hari ini. Kasian juga warga udah kekeringan banget,” ucap Ely.

Menurutnya, wilayah Desa Sindanggalih memang kerap mengalami kesulitan air bersih. Namun, kemarau tahun ini cukup parah, sebab mata air yang biasa digunakan warga benar-benar kering.

“Ini kita bawa dua mobil tangki (air) untuk air bersih warga RT03 dan RW04 (RW11) karena sesuai permintaan,” imbuh Ely.

“Jadi kalau memang ada permintaan kesulitan air atau kekeringan, kita (PDAM) siap bantu sesuai permintaan nanti kita upayakan,” tambahnya.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, terlihat ember-ember hingga torn milik warga di RT03 dan RT04 terpenuhi air bersih oleh mobil tangki air dari PDAM Kabupaten Sumedang Cabang Kecamatan Cimanggung. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan