Hadapi Kemarau, Kades Cihanjuang Sudah Siapkan Antisipasi Kekeringan

SUMEDANG – Memasuki musim kemarau, Desa Cihanjuang, pihak dari Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang sudah siapkan antisipasi kekeringan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Cuhanjuang, Yuyus Yusuf. Menurutnya, beberapa titik sarana air bersih yang dapat menampung cukup banyak debit air dapat sangat bermanfaat bagi warga.

“Dengan adanya Pamdes (pembangunan desa) kemudian PAMSIMAS (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) setidaknya daerah-daerah kekeringan itu sudah tertutupi,” kata Yuyus kepada Jabar Ekspres, Selasa (24/8).

Sementara itu, dipaparkan Yuyus, untuk daerah kekeringan yang ada di wilayah Desa Cihanjuang berada di empat RW.

“RW04, 05, 06 dan 07, itu yang paling parah, dulu sempet sampai pernah dibantu pasokan air dari PDAM dan instansi lain untuk menyuplai kekeringan air,” ucap Yuyus.

Diketahui, jumlah jiwa di Desa Cihanjuang menurut pendataan terakhir, ujar Yuyus sebanyak 13.822 orang.

Maka dapat dipastikan, dengan jumlah warga sebanyak 13.822 tersebut, menurut Yuyus dalam menghadapi musim kemarau akan memiliki cadangan air.

“Kalau untuk sarana air bersih ada dua titik. Pertama di wilayah dekat SMA (Negeri Cimanggung), untuk Pamdes kita mengambil mata air dari (Desa) Cimanggung,” tutur Yuyus.

Dalam pemaparannya, Yuyus berpesan, dengan adanya ketersediaan air saat ini dapat dimanfaatkan oleh warga dengan bijak.

“Tetap jaga kebersihan, misalkan itu air hasil dari pengolahan Pamdes, kita harus tetap menjaga kebersihan,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan