Cimahi Mulai Terapkan Aturan Ganjil Genap

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi bersama Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi mulai menerapkan kebijakan sistem ganjil genap kendaraan bermotor per hari ini Selasa (24/8). Kebijakan ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 pada wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya.

Ganjil genap pada kendaraan ini di dua titik ruas jalan di Kota Cimahi. Ganjil genap akan diberlakukan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, aturan ganjil genap tidak diberlakukan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan, sistem ganjil genap diterapkan di dua titik jalan. Yang pertama Jalan Amir Machmud pada pertigaan Jalan Sangkuriang sampai pertigaan Jalan Daeng Muhammad Ardiwinata, dan Jalan Gandawijaya hingga Alun-Alun Cimahi.

“Atas izin Bapak Plt. Wali Kota Cimahi kami melaksanakan ganjil genap di dua titik. Yang pertama di Jalan Amir Machmud pertigaan Jalan Sangkuriang sampai di pertigaan Jalan Daeng, Kemudian yang kedua di Jalan Gandawijaya sampai di Alun-Alun Kota Cimahi,” ujar Sudir, Selasa (24/8).

“Kami akan melaksanakan cara tegas dan humanis menutupi jalan ganjil genap ini mengikuti tanggal. Apabila sekarang tanggal 24 berarti sekarang yang bisa melalui Jalan Amir Machmud dan Gandawijaya adalah plat nomor genap,” jelasnya.

Penerapan ini dilakukan untuk membatasi mobilitas pada kendaraan sekaligus mengganti pola penyekatan.

Sudir memaparkan, penerapan sistem ganjil genap ini akan dilakukan kecuali Petugas Kesehatan (Ambulance), Ojek Online atau Kendaraan roda 4 online, Angkutan umum berplat kuning, TNI, Polri, dan Dinas yang berplat nomor merah.

“Ini dilakukan untuk membatasi mobilitas kendaraan. Kemudian kami juga mengecualikan yang boleh memasuki di jalur ganjil genap ini adalah petugas kesehatan, ojek online maupun kendaraan roda 4 online, angkutan umum yang berplat kuning, TNI, Polri, dan Dinas yang berplat merah,” bebernya.

Informasi Pemberlakuan Ganjil Genap

Sebelum pemberlakuan ganjil genap, Sudir telah menyampaikan kepada masyarakat melalui sosial media. Namun nyatanya masih ada beberapa masyarakat yang belum tahu soal penerapan ganjil genap di Kota Cimahi.

Tinggalkan Balasan