Peringati HUT RI, Petugas dan Masyarakat Sikap Hormat di Tengah Jalan, Kompak!

BANDUNG – Berbagai upaya dilakukan dalam memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia. Di Kota Bandung sendiri, berlangsung sebuah upacara unik selama tiga menit di Simpang Lima, Kota Bandung. Petugas dan masyarakat yang melewati jalan tersebut melakukan sikap hormat seraya mendengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya.”

Kendaraan yang akan melintas melalui Simpang Lima Kota Bandung diberhentikan selama tiga menit untuk melakukan sikap sempurna sebagai bentuk penghormatan terhadap para pejuang bangsa.‎

Dinas Perhubungan Kota Bandung menamai kegiatan tersebut dengan “Tiga Menit untuk Indonesiaku”. Kegiatan ini juga digelar dalam rangka peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia.

“Kementrian Sekretariat Negara mengimbau masyarakat di seluruh Indonesia melakukan penghormatan pada 17 Agustus 2021 pukul 10.17 WIB, untuk berhenti sejenak untuk sikap sempurna selam tiga menit,” ucap Kadishub Kota Bandung, Ricky M. Gustiadi Simpang Lima Kota Bandung, Selasa (17/8).

Sementara itu, dari pantauan Jabar Ekspres di lokasi, terlihat kendaraan yang sedang melintas di Simpang Lima berhenti sejenak dan mematikan kendaraannya untuk mendengarkan lagu Indonesia raya yang dikumandangkan melalui saluran suara ATCS.

“Kita mencoba untuk menghargai para pahlawan dan para pejuang yang telah memerdekakan bangsa ini, termasuk para proklamatie yang telah memproklamasikan kemerdekaan,” ucap Ricky.

Dalam kegiatan tersebut, tak hanya pengguna jalan saja yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Sejumlah Komunitas pemuda juga turut meramaikan dan mengikuti upacara singkat itu.

Menurut ketua Koordinasi Komunitas Pemuda Bandung, Ricki Arief menyebut bahwa dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Sebab, hal yang dilakukan oleh komunitasnya ini bisa menjadi contoh bagi organisasi lainnya.

“Jadi alhamdulillah kami sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini (Tiga menit untuk Indonesiaku). Dan semoga juga kami bisa menjadi contoh yang baik untuk organisasi-organisasi yang lainnya, untuk bisa mengikuti dalam kegiatan ini di tahun-tahun berikutnya,” ucap Ricki.

Sementara itu, Kadishub Kota Bandung berharap aksi tersebut bisa menjadi pemantik rasa kebangsaan masyarakat.‎

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, kita lebih menemukan rasa kebangsaan. Dan diharapkan Indonesia bangkit dan tumbuh lebih maju,”pungkasnya. (Mg4).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan