3.200 Kg Beras Bansos Akan Disalurkan pada Warga Kelurahan Cibereum

CIMAHI – Jajaran pengurus Kelurahan Cibereum menyalurkan bantuan sosial beras untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Senin (16/8).

Beras tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Sosial yang bekerja sama dengan Pos Indonesia untuk disalurkan ke masing-masing kelurahan. Pada hari ini penyaluran bansos untuk tahap kedua.

“Kondisi bansos di Cibereum ini lancar-lancar saja, cuma komunikasi nya ini perlu ditingkatkan karena wilayah kami itu padat. Jadi kami siasati mereka datang aja ke kelurahan,” kata Lurah Cibereum, Achmad Suparlan, Senin (16/8).

Achmad mengatakan, komunikasi antara pengurus di Kelurahan Cibereum dengan warga perlu ditingkatkan lagi karena wilayah Cibereum termasuk wilayah yang padat.

Beras yang masing-masing diterima oleh warga Kelurahan Cibereum sebanyak 10 kg.

Pada tahap kedua ini beras yang diterima oleh Kelurahan Cibereum sebanyak 3.200 kilogram beras. Sedangkan pada tahap pertama sebelumnya Kelurahan Cibereum menerima 4.992 kilogram beras.

“Begitu untuk BST (Bantuan Sosial Tunai) dan satu lagi penerima PKH (Program Keluarga Harapan) sekitar 2.000 lebih jadi 6.000 yang tahap pertama. Tahap kedua 3.200,” sebutnya.

Disamping itu, penyaluran uang Bantuan Sosial Tunai sebesar Rp. 600.000 sudah di cairkan dari sebulan yang lalu, dan uang itu sudah dibagikan di tiap RW.

“Untuk uang bansos sudah cair sebesar Rp. 600.000 untuk dua bulan, sudah duluan cari dari sebulan yang lalu dan itu dibagikan tiap RW. Alhamdulillah tidak ada masalah. Dan untuk pencairan uang bansos di bulan depan belum ada kabar selanjutnya,” jelasnya.

Jika ada beberapa warga yang tidak menerima bansos tunai maupun beras, pihak kelurahan memiliki sumber data yang lain dengan menyalurkan bantuan melalui relawan, pihak swasta atau TNI dan Polri.

“Jadi ada dana bantuan dari yang terdampak Covid-19 dari TNI/Polri dan juga dari pihak swasta yaitu untuk menutupi kekurangannya. Jadi Insya Allah kalau ini masih kita handle,” ujarnya.

Achmad berharap, dengan penyaluran bantuan dalam situasi pandemi Covid-19 ini warga bisa merasa terbantu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan