Mengapa Saat Terpapar Covid-19 Indera Penciuman Hilang? Ini Penjelasannya

JAKARTA – Kehilangan rasa dan bau adalah gejala umum di antara pasien Covid-19. Umumnya gejala sisa itu bisa bertahan beberapa pekan setelah pasien dinyatakan sembuh. Lalu sampai berapa lama akan bertahan?

Kepala Divisi Neuropsikologi di UK HealthCare, dan Profesor Neurologi, Bedah Saraf, dan Kedokteran Fisik & Rehabilitasi di Fakultas Kedokteran Universitas Kentucky dr. Dan Han berspesialisasi dalam cedera otak dan penyakit saraf. Ia mengatakan gejala umum Covid-19 selain varian Delta, adalah seperti demam, sesak napas, batuk, dan kelelahan. Sehingga dapat menimbulkan tantangan serius.

“Saya mendapatkan lebih banyak pertanyaan tentang kehilangan indra penciuman dan perasa daripada gejala yang disebutkan sebelumnya,” katanya seperti dilansir dari Wuky.org, Minggu (8/8).

Mengapa itu bisa terjadi? Ada banyak penelitian yang diterbitkan dalam satu tahun terakhir tentang persentase gejala yang terjadi ketika menderita Covid-19. Ketika sampel gabungan dilakukan pada sekitar 20 ribu pasien Covid-19 dilihat secara internasional, kehilangan penciuman dilaporkan terjadi pada 49 persen pasien ini, dan kehilangan rasa dilaporkan pada 42 persen.

Dalam penelitian lain, sekitar 1 dari 4 orang dengan Covid-19 melaporkan bahwa kehilangan penciuman adalah gejala pertama yang mereka alami.

Ketika Coronavirus (SARS-CoV-2) memasuki hidung, virus menyerang sel-sel otak yang berhubungan dengan penciuman yang disebut neuron reseptor penciuman, masuk melalui sel glial di sekitarnya.

Saat menderita Covid-19, sayangnya banyak orang mungkin mengalami kesulitan menikmati rasa makanan. Dengan sendirinya dapat berkontribusi pada memburuknya suasana hati.

Menurutnya, seseorang bisa kembali mendapatkan kemampuan penciumannya dalam 2-3 pekan kemudian. Beberapa cara yang dilakukan adalah menstimulasinya dengan bebauan atau aroma.

“Untungnya, kebanyakan orang pulih dengan sangat baik. Sebagian besar mendapatkan kembali indra penciuman dan perasa, atau lebih tepatnya indra perasa, rata-rata dalam 2-3 minggu. Jadi tetaplah aman dengan memakai masker,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan