Ratusan Pasien ODGJ di Cimahi Masuk Sasaran Vaksin COVID-19

CIMAHI – Sebanyak 792 pasien Orang Dengan Gangguannya Jiwa (ODGJ) di Kota Cimahi menjadi sasaran untuk disuntikan vaksin COVID-19. Mereka masuk kategori sasaran masyarakat umum dan rentan.

Dari data yang dipimpin Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP) Kota Cimahi, ODGJ yang sudah disuntikan vaksin COVID-19 baru 111 orang atau 14,01 persen dari jumlah total sasaran.

“Cakupan ODGJ Kota Cimahi yang sudah divaksin 111 orang dari 792 orang sasaran,” terang Sekretaris DisosP2KBP3A Kota Cimahi, Fitriani Manan kepada, Jumat (30/7).

Dikatakannya, pihaknya bersama kader di lapangan hanya bertugas untuk mengkondisikan klien atau pasien untuk mendatangi tempat vaksinasi seperti Puskesmas dan rumah sakit. Jika yang bersangkutan tak bisa datang, maka akan dilakukan kunjungan rumah.

Sedangkan yang bertugas untuk menyuntikkan vaksin jenis Sinovac tersebut tetap dilakukan tenaga kesehatan Dinas Kesehatan maupun rumah sakit di Kota Cimahi. “Kita hanya memverifikasi sasaran, kemudian mengkondisikan klien,” ucap Fitriani.

Dirinya menjelaskan, sebelum pasien ODGJ disuntikan vaksin COVID-19, pihaknya melakukan verifikasi dan pengecekan kondisinya terlebih dahulu. Sebab dikhawatirkan kondisinya malah tidak stabil.

Kemudian setelah dipastikan stabil, nantinya akan diperiksa petugas kesehatan apakah kondisinya layak divaksin atau harus ditunda. “Dan untuk yang sudah divaksin itu kondisinya stabil makannya bisa divaksin,” ujarnya.

Untuk vaksinasi ODGJ lainnya, kata Fitriani, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Sebab, yang mengetahui dan mengkoordinir dosis vaksin adalah Dinas Kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Reri Marliah OGDJ masuk kategori vaksinasi kelompok renta. Kelompok tersebut memang menajdi sasaran untuk disuntikan vaksin COVID-19 secara bertahap.

“Masuk ke masyarakat umum dan renta. Secara bertahap. Vaksinasinya sudah berjalan sejak Mei 2021 utnuk ODGJ,” ujar Reri.

Dikatakannya, ada 18 fasilitas kesehatan yang melayani vaksin untuk OGDJ. Yakni ada 13 Puskesmas se-Kota Cimahi, serta 5 rumah sakit seperti RSUD Cibabat, Rumah Sakit Kasih Bunda, Rumah Sakit Dustira, Rumah Sakit Mitra Kasih dan Rumah Sakit MAL. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan