oleh

Kontak Erat Pasien COVID-19 Bakal Dilacak Ribuan Relawan

CIMAHI – Sebanyak 1.700 orang relawan dari Tim penggerak PKK, Posyandu, Posbindu, Karang Taruna, tingkat RT dan RW di setiap kelurahan dikerahkan untuk melakukan tracing atau pelacakan kontak erat pasien COVID-19.

Pelibatan relawan dari kalangan masyarakat tersebut menindaklanjuti program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang juga melibatkan tim penggerak PKK dan Pramuka untuk melakukan percepatan tracing kontak erat.

Baca Juga:  Dua Fasilitas Hotel Isolasi Terpusat Cirebon Ditutup

“Untuk tracing kasus covid di Cimahi kita sudah mendata sebanyak 1700 orang relawan. Semuanya sudah terdata di PKK,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cimahi Muhamad Dwihadi Isnalini kepada, Kamis (29/7).

Dirinya menjelaslan, tugas relawan tracer yang direkrut tersebut sebatas mencari kontak erat dari pasien positif COVID-19 berdasarkan hasil PCR. Lalu untuk melakukan edukasi terhadap mereka yang diarahkan melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga:  Revitalisasi Stadion Sangkuriang Cimahi Molor

“Jadi mencari kontak erat, itu tugas mereka. Nanti kontak eratnya diserahkan dan dilaporkan ke nakes di puskesmas. Jadi enggak sampai melakukan tes antigen,” jelas Dwi.

Selain merekrut relawan, pihaknya juga menyiapkan sebanyak 63 orang tracer dari Puskesmas dan kelurahan. Nantinya mereka akan fokus pada pelaksanaan tes COVID-19 terhadap kontak erat.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga