Tips Belanja Online Aman Agar Terhindar Penipuan

Mengapa Demikian? Supaya kamu bisa melakukan transaksi secara COD (Cash on Delivery) atau transaksi langsung dengan bertemu si penjual.

Dengan demikian, kamu bisa mengecek langsung barang yang dibeli sekaligus meminimalkan tindak penipuan.

Simpan Semua Bukti Transaksi dengan Baik

Jangan pernah membuang segala bukti yang berkaitan dengan transaksi seperti bukti percakapan melalui SMS atau juga bukti transfer kamu.

Agar lebih aman, sebaiknya kamu menyimpan segala bukti tersebut hingga barang yang dipesan sudah berada di tanganmu. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila seandainya kamu menjadi korban penipuan.

Perhatikan Keamanan Akun Milikmu

Kejahatan siber masih marak terjadi, satu di antaranya dalam bentuk pishing, yaitu tindakan yang berusaha mencuri data-data penting melalui internet.

Nah, agar kamu terhindar dari persoalan ini, sebaiknya teliti setiap kali kamu ingin log-in dengan memasukkan username dan password untuk masuk ke situs belanja online via komputer atau PC.

Sebelum log-in, pastikan alamat url yang kamu tuju sudah tepat. Tutup tab browser jika menemukan keanehan, misalnya, tiba-tiba alamat situs belanja online yang ingin kamu tuju berbeda dengan aslinya.

Minta Nomor Resi Pengiriman Pada Penjual

Nomor resi adalah bukti nomor barang yang akan dikirimkan kepada kamu melalui jasa ekspedisi pengiriman barang.

Jika barang yang dibeli memang telah dikirim maka tidak akan ada alasan bagi penjual untuk tidak menunjukan nomor resi pengiriman kepada kamu.

Ketika kamu meminta nomor resi pengiriman namun sang penjual tidak mau memberikan nomor resi tersebut, maka kamu wajib mencurigai penjual tersebut sebagai penipu karena perilaku tersebut juga merupakan ciri-ciri seorang penipu.

Biasanya penipu akan berdalih dengan sejuta alasan untuk mengulur-ulur waktu pengiriman resi lalu akhirnya menghilang.

Apabila pada akhirnya nomor resi telah dikirimkan kepada kamu, maka ada baiknya selalu mengecek secara berkala nomor resi tersebut di website jasa ekspedisi tersebut karena bukan tidak mungkin penjual akan membatalkan pengiriman keesokan harinya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap aman saat ingin berbelanja online. Intinya, kamu perlu teliti agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.(fin.co.id)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan