Tips Belanja Online Aman Agar Terhindar Penipuan

Jika nantinya terjadi penipuan oleh pihak online shop, maka pihak polisionline.com lah yang akan bertanggung jawab karena mereka bertugas untuk memverifikasi toko online yang sudah terdaftar.

Periksa Keamanan Sistem Transaksinya

Saat ini, situs belanja online menawarkan beragam pilihan sistem transaksi, mulai dari via transfer antar bank, kartu kredit, hingga cash on delivery (COD).

Jika situs belanja online yang kamu kunjungi tidak memiliki sistem keamanan transaksi yang baik, pembayaran via kartu kredit bisa menjadi pilihan karena pihak bank dapat membatalkan transaksi jika barang yang kamu terima tidak sesuai atau tak kunjung datang.

Namun, apabila kamu enggan memberikan informasi kartu kredit, sistem pembayaran COD bisa menjadi pilihan. Sistem COD justru dianggap paling aman karena kamu bisa mengecek barang terlebih dulu sebelum melakukan pembayaran.

Minta Foto Asli Barang Pada Penjual

Dalam beberapa kasus penipuan terdapat berbagai cara dan trik yang dilakukan oleh penipu. Salah satu trik si penipu adalah dengan mengirim barang yang tidak sesuai dengan aslinya, bahkan dalam beberapa kasus si penipu tersebut tidak mengirimkan barang yang di pesan dan hanya mengirimkan kardus kosong kepada si pembeli.

Untuk menghindari hal tersebut, sangat penting bagi kamu untuk memeriksa gambar barang yang akan dibeli karena bisa saja penipu tersebut mengambil gambar dari Google.

Oleh karena itu, pastikan selalu meminta foto barang yang akan kamu beli lebih dari satu. Selain itu, kamu juga bisa meminta sang penjual untuk mengirimkan foto yang ditandai dengan tanggal foto tersebut dikirim atau penanda lain untuk memastikan foto tersebut asli.

Lihat Testimoni Atau Ulasan Pembeli Sebelumnya

Ulasan dari pembeli sebelumnya dapat menjadi pegangan untuk mengetahui kredibilitas online shop tersebut. Hal ini dilakukan agar konsumen baru dapat memastikan perusahaan yang akan berurusan dengan tanpa ada masalah.

Namun, sekarang ini kamu juga tidak boleh terlalu percaya dengan ulasan yang diberikan. Bisa saja perusahaan tersebut membuat ulasan palsu seakan-akan pembeli puas dengan barang yang dijual. Jika hal itu terjadi, perhatikan gaya tulisannya. Ulasan yang terlalu berlebihan perlu diwaspadai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan