Tips Belanja Online Aman Agar Terhindar Penipuan

Cari Tahu Detail Produk yang Ingin Dibeli Terlebih Dahulu

Jika ingin membeli suatu produk, sebaiknya kamu browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli, agar lebih mengenal tentang produk tersebut.

Kamu juga bisa mengetahui apa aja yang disertakan oleh produk tersebut jika ingin membelinya (kelengkapannya).

Selain itu, supaya kamu bisa mencocokkan produk yang dijual sesuai atau tidak (harga, foto produk, kelengkapan) dengan iklan yang disediakan penjual.

Minusnya membeli produk secara online adalah kamu tidak tau apakah itu asli atau palsu, sekali lagi kembali kepada ada harga tentu ada rupa.

Hati-Hati dengan Tawaran Diskon

Kamu pasti sering menemukan banyak diskon di internet. Mulai dari diskon pada online shop di Instagram hingga berbagai macam e-commerce.

Dilansir Latin America Post, ternyata beberapa tawaran yang ada di internet bertujuan untuk mengumpulkan informasi pribadi kamu. Sehingga, memungkinkan untuk diretas.

Jangan Gunakan Wifi Publik Ketika Berbelanja Online

Ketika berbelanja online, sebaiknya jangan gunakan WiFi publik ya. Gunakanlah jaringan pribadi yang mengenkripsi jaringan.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah informasi pribadi dapat dilacak. Sekaligus untuk menjaga keamanan password milikmu.

CeK Tanda Keamanan Situs Belanja Online

Tahukah kamu, ada cara mudah untuk mengecek situs belanja online yang kamu gunakan, loh. Kamu bisa memperhatikan bar di bagian atas, tepat di depan alamat situs.

Jika di sana ada tanda gembok, maka berarti situs aman untuk digunakan. Tidak hanya aman, transaksi online yang kamu lakukan di sana terjamin keamanan datanya.

Kemudian, saat akan memasukkan data kartu kredit, pastikan alamat situs berubah dari ‘http’ ke ‘https’.

Jangan Berikan Terlalu Banyak Informasi

Dalam berbelanja online, data atau persyaratan yang seharusnya diberikan adalah detail kartu kredit, alamat, dan nomor telepon kamu.

Jika sebuah toko online menanyakan hal lain, seperti nomor keamanan akun milikmu, patut kamu curigai.

Utamakan Opsi COD (Cash on Delivery)

Ketika akan membeli sebuah barang, usahakan selalu kamu mencari toko atau penjual online yang dekat dengan lokasimu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan