Tips Belanja Online Aman Agar Terhindar Penipuan

Dari lima besar E-Commerce yang disorot dalam laporan ini, tiga di antaranya adalah pemain lokal, yakni Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak. Sedangkan dua e-commerce lainnya adalah Shopee dan Lazada yang merupakan pemain dari luar negeri.

Meski kebiasaan belanja online semakin meningkat di masyarakat Indonesia, hal ini juga diiringi dengan meningkatnya risiko penipuan online.

Oleh sebab itu, sebagai konsumen, kamu harus pandai dan senantiasa menerapkan tips belanja online yang benar.

Kemajuan teknologi kini memungkinkanmu untuk belanja tanpa perlu melangkah keluar rumah. Akan tetapi, kemudahan ini juga diiringi dengan risiko negatif, yakni penipuan online.

Terlebih jika berbelanja online pada plarform e-commerce yang kurang terpercaya, sangat mungkin kamu bertemu penjual bodong. Perlu kamu ingat, tidak semua pemilik online shop bersikap jujur.

Nah, agar tidak menjadi korban penipuan ketika belanja online, ada baiknya kamu menerapkan beberapa tips berikut ini!

Periksa Kredibilitas Online Shop

Hal utama yang perlu kamu lakukan sebelum berbelanja online adalah mengecek kredibilitas online shop yang kamu tuju.

Pada umumnya, dalam situs belanja online ada rating bagi setiap merchant atau online shop. Usahakan mencari online shop shop yang memiliki rating bagus agar kamu terhindar dari hal tidak diinginkan.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek kredibilitas online shop tersebut melalui testimoni customer yang telah berbelanja.

Perhatikan apakah ada keluhan-keluhan dari ulasan para customer. Jika ada, sebaiknya kamu mencari online shop lain agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jangan Tergiur dengan Harga Barang yang Murah

Salah satu strategi penipu untuk memancing korbannya adalah dengan memasang harga barang yang sangat murah daripada harga yang ada di pasaran.

Apabila ketika sedang berbelanja online dan menemukan suatu online shop yang memasang harga murah, maka kamu wajib untuk tidak mudah tergiur dengan apa yang dipromosikan.

Akan lebih baik lagi jika kamu memilih online shop yang memang sudah terpercaya sehingga transaksi yang kamu lakukan benar-benar tidak berisiko.

Apalagi kini juga sudah tersedia situs polisionline.com yang bisa kamu jadikan acuan untuk memilih toko online.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan