Bantuan Baznas Cimahi Diserbu Pasien Isoman

CIMAHI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cimahi mengungkapkan, permohonan bantuan dari warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar COVID-19 mengalami peningkatan yang cukup drastis dalam dua pekan terakhir.

Permohonan bantuan itu datang dari pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, yang terdata oleh RT, RW dan kelurahan se-Kota Cimahi.

Sekretaris Baznas Kota Cimahi, Agus Hendra mengatakan, naiknya permohonan bantuan dikarenakan kelurahan yang mengalami kendala bantuan terhadap warga sebagian besar diajukan kepada Baznas Kota Cimahi.

“Trennya luar biasa naik sekali dua minggu terakhir. Ada 100 persen naiknya. Cukup banyak yang masuk,” katanya, Kamis (24/6/2021).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Cimahi, hingga Rabu (23/6/2021) tercatat ada 926 orang yang menjalani isolasi mandiri.

Kebijakan tersebut tentunya membuat aktivitas sosial dan ekonominya terdampak. Namun kebutuhan pangannya tetap harus dipenuhi.

“Isolasi mandiri kan punya dampak laur biasa, tidak bisa beraktivitas sosial dan ekonomi. Tapi terkait kebutuhan pangan, di sini Baznas wajib untuk memberikan bantuan terhadap warga,” beber Agus.

Dirinya menerangkan, sejak Januari hingga Juni 2021 total sudah ada 550 warga yang sedang menjalani isolasi mandiri yang mendapat bantuan dari Baznas Kota Cimahi. Rata-rata bantuan yang diberikan sebesar Rp 300 ribu per keluarga.

Sumber bantuan yang diberikan Baznas berasal dari Zakat, Infak dan Sedekah dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Cimahi.

Agus menjelaskan, mekanisme pengajuan bantuan khusus bagi pasien COVID-19 bisa melalui RW setempat dengan menyertakan KTP dan KK. Kemudian diajukan ke kelurahan. Setelah direkap dan diinventarisir, kelurahan langsung mengajukan ke Baznas Kota Cimahi.

“Bantuan yang kita berikan rata-rata Rp 300 ribu per keluarga. Kami mendelegasikan ke kelurahan. Kelurahan nanti mendelegasikan ke RW karena RW yang paham terkait kebutuhan dasar yang diinginka warga yang sedang menjalani isolasi mandiri,” jelas Agus.

Lurah Baros Kecamatan Cimahi Tengah, Agus Irwan Kustiawan mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri, pihaknya mengandalkan bantuan dari Baznas dan Pemkot Cimahi.

“Salah satu sumbernya dari Baznas. Terus kita juga terus mengimbau warga untuk peduli dan memperhatikan tetangganya yang sedang menjalani isolasi mandiri,” ujar Agus. (fey)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan