Deklarasi Universal Health Coverage Saat Peringatan Hari Jadi Kota Cimahi ke-20

Deklarasi Universal Health Coverage Saat Peringatan Hari Jadi Kota Cimahi ke-20

CIMAHI –  Sebagai salah satu wujud sinergitas BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kota Cimahi atas capaian Universal Health Coverage (UHC) Kota Cimahi dalam kepesertaan Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Cimahi ke – 20 yang diselenggarakan di Plaza Rakyat Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi (21/06). Hadir pada acara ini Plt Walikota Cimahi, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Barat, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, unsur Forkopimda Kota Cimahi, serta perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kota Cimahi.

Menurut Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Barat Fachrurrazi, Universal Health Coverage ini sesungguhnya wujud komitmen bersama untuk menyukseskan Program JKN sebagai salah satu program strategis pemerintah, sekaligus sebagai bentuk ketaatan terhadap Undang-Undang yang telah ditetapkan

“Kami mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi langkah konsisten Pemerintah Daerah Kota Cimahi dalam memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap implementasi program jaminan kesehatan di Indonesia, sehingga menjadi Kota ke 4 UHC di Kedeputian Wilayah Jawa Barat setelah Kota Cirebon, Kota Bandung, dan Kota Sukabumi. Semoga komitmen Pemerintah Daerah Kota Cimahi ini dapat menjadi inspirasi serta motivasi bagi Pemerintah Daerah lainnya di wilayah Propinsi Jawa Barat untuk mencapai UHC,” ujar Fachrurrazi.

Dirinya menambahkan bahwa UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN pada suatu wilayah, yaitu minimal 95% penduduk telah terdaftar menjadi Peserta Program JKN.

“Per 1 April 2021 Pemerintah Daerah Kota Cimahi telah mendaftarkan 69.912 jiwa penduduknya, sehingga sampai dengan Mei 2021, UHC Kota Cimahi telah mencapai 96,56% dari jumlah penduduk Kota Cimahi, atau sebanyak 538.693 jiwa penduduk kota Cimahi telah menjadi peserta JKN dari jumlah penduduk sebanyak 557.911 jiwa. Jelas sudah Pemerintah Daerah Kota Cimahi benar-benar hadir untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan abagi masyarakatnya. Ke depan, kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan capaian UHC dan tentu saja juga meningkatkan pelayanan kesehatan yang optimal bagi seluruh peserta JKN,” terang Fachrurrazi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan