5 Tips Berorganisasi Sambil Tetap Berprestasi

BANDUNG– Berorganisasi sejak remaja akan membawa banyak pengaruh positif pada pembentukan karakter seseorang. Masalahnya kebanyakan orang kalau sudah terlalu banyak kegiatan organisasi cenderung menurun prestasi akademiknya.

Maka dari itu, dibutuhkan tips berorganisasi sambil tetap berprestasi agar terwujud keseimbangan dalam beraktivitas di keseharian.

Organisasi menjadi wadah yang cukup baik bagi seseorang untuk mengembangkan karakternya serta menyalurkan potensinya. Organisasi juga menjadi tempat seseorang melakukan aktualisasi diri secara maksimal.

Saking senangnya berorganisasi disayangkan masih banyak yang akhirnya melupakan pendidikan mereka, dan inilah yang sebaiknya dihindari sejak awal.

Umumnya di banyak  sekolah unggulan, organisasi adalah hal yang sangat sering diikuti oleh siswa. Sebab, dengan mengikuti organisasi siswa bisa mengembangkan dirinya di luar aktivitas akademik.

Bagaimana Cara Menyeimbangkan Organisasi dan Prestasi? Beberapa hal yang bisa dijadikan referensi untuk menyeimbangkan aktivitas organisasi dan akademis terutama bagi yang masih berstatus siswa maupun mahasiswa.

Pertama, biasakan untuk membuat jadwal. Jadwal atau agenda adalah hal yang sangat penting bagi mereka yang mempunyai banyak aktivitas. Pembuatan jadwal akan mempermudah kita untuk melakukan aktivitas tertentu secara teratur dan tidak tumpang tindih.

Membiasakan diri untuk membuat jadwal kegiatan harian sangat membantu dalam menyeimbangkan belajar dan aktivitas lainnya seperti berorganisasi. Buatlah jadwal dengan rinci dan detail kapan harus belajar dan mengerjakan tugas, kapan juga bisa melakukan aktivitas lainnya yaitu organisasi.

Jadwal juga berfungsi untuk melihat apakah ada 2 kegiatan atau lebih yang harus dilakukan pada hari dan jam yang sama. Dengan begitu jika terjadi bentrok maka bisa diatur ulang bagaimana jadwal yang tepat.

Kedua, buat pertimbangan matang. Melakukan banyak aktivitas positif memang pengaruhnya sangat bagus bagi pembentukan karakter seseorang. Namun sebaik apapun sesuatu kalau kurang pas akan menjadi kurang bagus.

Oleh sebab itu, buat pertimbangan dengan matang dulu sebelum memutuskan ikut organisasi. Sangat disarankan untuk memilih organisasi yang bisa mendukung prestasi akademik, misalnya kelompok ilmiah. Atau organisasi yang sesuai dengan minat dan akan memperkaya pengalaman misalnya pecinta alam dan sebagainya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan