oleh

Carut Marut PPDB Kembali Terjadi

Ditulis Oleh: Cucu Sukmana

Ketua ICMI Muda Jawa Barat

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat setiap tahunnya masih menui berbagai polemik.

Persoalan PPDB online seperti tidak pernah beres meski telah berjalan sejak lama. Masalahnya pun masih sama seperti tahun sebelumnya. Apalagi PPDB online sudah berjalan 10 tahun lalu.

Tidak ada perubahan yang berarti dalam sisi manajemen pengelolaan maupun perbaikan sistem. Padahal, PPDB diatur dalam Permendikbud No.1 Tahun 2001 lalu diturunkan dalam Pergub No. 688/PK 0201.

Baca Juga:  Siap-siap 9 Juli Nanti Pengumuman PPDB Jalur Zonasi dan Prestasi

Sebetulnya, berbicara tentang PPDB online itu sudah bukan hal baru. Sebab, di era Pandemi Covid-19 sistem PPDB sudah mutlak menggunakan teknologi informasi.

PPDB online semestinya menjadi gate peradaban membangun pendidikan. Tapi yang jadi persoalan adalah aturan atau mekanisme perubahan dari tahun ke tahun.

Peran pemerintah dalam mensosialisasikan mekanisme PPDB online pada publik masih sangat minim. Padahal, ada pos anggarannya.

Lebih parah lagi, masih banyak orang tua yang belum paham soal mekanisme PPDB online saat ini. Padahal kalau kita lihat, pos anggarannya lumayan besar untuk sosialisasi ke masyarakat.

Baca Juga:  Siap-siap 9 Juli Nanti Pengumuman PPDB Jalur Zonasi dan Prestasi

Publik juga seharusnya mempertanyakan itu. Optimalisasi pemanfaatan sasarannya terhadap anggaran publikasi itu saya mempertanyakan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga