oleh

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Perawat Nakes Diharapkan Mampu Berinovasi

BANDUNG – Untuk meningkatkan layanan kesehatan, khususnya layanan keperawatan, dibutuhkan perawat yang mampu terus berinovasi.

Dosen Fakultas Keperawatan (Fkep) Universitas Padjadjaran (Unpad), Restuning Widiasih mengatakan, kolaborasi perlu dilakukan lintas sektor dan profesi untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang holistik.

“Perawat tidak bisa berjalan sendiri namun perawat berpotensi besar untuk menjadi leader para inovator multidisiplin,” kata Restuning di Bandung, Senin (14/6).

Restu mengatakan bahwa perawat memiliki kesempatan mengembangkan budaya inovasi. Peningkatan budaya inovasi ini di antaranya melalui desain pola pikir.

Baca Juga:  Menjelang Idul Adha 2021, Polres Sumedang Mendorong Dinas Peternakan Periksa Kesehatan Hewan Qurban

“Membuat framework atau model inovasi akan menjadi panduan dan mengarahkan cara berpikir bagi setiap elemen yang terlibat dalam inovasi,,” katanya

Pada kesempatan tersebut, Restu mempresentasikan framework dalam menciptakan inovasi di bidang keperawatan maternitas yang ia kembangkan bernama M-Motion.

Framework ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam melakukan inovasi keperawatan.

“Pengembangan inovasi layanan keperawatan maternitas menjadi maksimal dengan dipandu oleh framework yang komprehensif,” kata Restu.

Baca Juga:  10 Manfaat Daun Mint yang Harus Diketahui untuk Kesehatan

Framework tersebut terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu pra-inovasi, inovasi, dan pasca-inovasi.

Bernama M-Motion, dapat diartikan M sebagai maternity atau maternitas, dan motion berarti bergerak.

Melalui framework tersebut, Restu bersama tim menciptakan sejumlah inovasi, seperti aplikasi Kesturi yang merupakan aplikasi daring untuk konsultasi maternitas dan kesehatan reproduksi

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga