oleh

Pemalsu Dokumen Resmi Beromset Belasan Juta Dibekuk di Bandung

SOREANG – Satreskrim Polresta Bandung berhasil mengamankan tiga orang pelaku pemalsuan dokumen. Ketiga pelaku itu berinisial RFH (25), RMK (25), dan MBI (24).

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, kejahatan pemalsuan dokumen tersebut berhasil diungkap saat jajaran Satreskrim Polresta Bandung melakukan kegiatan patroli cyber dan menemukan website Berkah Dokumen tersebut. Setelah menemukan pemalsuan, Sat Reskrim melakukan penangkapan terhadap ketiga pelaku.

“Dokumen yang dipalsukan itu bermacam-macam. Ada ijazah S1, ijazah S2, ijazah SMK, KTP, KK, buku nikah, sertifikat tanah, dan BPKB dan STNK. Pokoknya segala macam bisa,” ungkap Hendra saat memberikan keterangannya di Mapolresta Bandung, Soreang, Senin (14/6).

Dikatakan Hendra, dalam website tersebut pelaku menuliskan kemampuannya yang bisa mencetak atau menerbitkan dokumen apapun sesuai dengan permintaan.

“Pemalsuan dokumen negara tersebut, berlokasi di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Mereka sudah beroperasi kurang lebih dua tahun. Rata-rata dalam satu bulan penghasilan mereka itu antara Rp10 juta sampai Rp15 juta,” kata Hendra.

Hendra menjelaskan bahwa pemohon dari dokumen palsu itu datang dari berbagai kalangan. Jadi, pada awalnya pemohon memasuki website Berkah Dokumen kemudian diarahkan untuk berkomunikasi melalui aplikasi pesan singkat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga