Godok Raperda Wisata, Fraksi PDIP Tergetkan Desa Digital Terwujud di Tahun 2022

BANDUNG – Sekretaris Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar), R Yunandar Rukhiadi Eka Perwira mendorong tahun 2022 program desa digital dapat terwujud di Provinsi Jawa Barat.

“Tahun depan program desa digital ini dapat segera terealisasi dan akan terus kami dorong hingga mempercepat pembangunan di desa,” ucap Yunandar di Bandung, Jumat (11/6)

Menurutnya, saat ini Fraksi PDIP tengah menggodok Perda Wisata untuk mengembangkan potensi desa. Terlebih dengan hadirnya desa wisata tersebut dinilai dapat membantu perekonomian masyarakat.

“Desa wisata adalah sebuah konsep di mana pemberdayaan masyarakat desa dan kesejahteraan masyarakat desa. Perda ini selaras dengan yang amanat Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar membangun desa berorientasi ke desa untuk memperkuat desa,” katanya.

“Semoga desa wisata ini menjadi perhatian utama setiap kepala daerah di Jabar, termasuk gubernur agar anggaran desa ini signifikan,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, ada anggaran dari pusat sebesar Rp 1 – Rp1,2 miliar untuk desa wisata.

Sehingga dengan adanya anggaran ini membuat lebih fokus. Karena adanya ketimpangan di mana orientasi ke pembangunan lebih banyak untuk masyarakat kota.

Selain itu, kata Yunandar, fraksi PDI Perjuangan juga mendorong terbentuknya desa digital agar masyarakat di desa bisa merasakan internet cepat.

Terlebih di masa pandemi yang belum juga berakhir, segala sektor sudah digitalisasi.

“Tentunya kami membutukan dukungan anggaran dari provinsi. Namun sayangnya, ketika masyarakat sedang membutuhkan jaringan internet yang mumpuni di masa pandemi ini justru pendidikan di desa terbaikan,” katanya.

“Sehingga pembelajaran jarak jauh boleh dibilang tidak terlalu efektif, belum masalah lagi hardware atau perangkat keras,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Rakerda ini juga dibahas kinerja fraksi PDI Perjuangan selama satu tahun kebelakang.

Menurut Yunandar, selama satu tahun penuh Fraksi PDI Perjuangan sudah mencoba membangun konsep pembangunan di Jabar khususnya regulasi dan program yang ada di dinas (ASN).

“Tahun 2020, kami menjadi inisiator untuk Perda tentang Pusat Distribusi Provinsi, yaitu satu konsep untuk membuat rantai pasok yang sederhana bagi kebutuhan petani sampai ke pedagang di hilir,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan