DEEP Peringatkan Pemilihan Sekda Perlu Pengawasan Masyarakat

DEPOK – Lembaga kajian kebijakan publik, Democracy And Electoral Empowerment Patnership (DEEP) Kota Depok mengingatkan agar proses pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok perlu diawasi masyarakat.

Koordinator DEEP Kota Depok, Fajri Syahiddinillah kepada Jabar Ekspres mengatakan, posisi Sekda sangatlah strategis sebab ia merupakan unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

“Mengingat pentingnya peran dan tugas Sekretaris Daerah (Sekda), maka dari itu proses pemilihannya tak luput menarik perhatian masyarakat Kota Depok, khususnya Lembaga DEEP Kota Depok,” ungkap Fajri, Jumat (21/5).

Lebih lanjut, dirinya meminta agar setiap proses tahapannya diekspos ke publik agar warga dapat mengetahui dan mengawasi mekanisme pemilihannya.

“Kita harapkan proses pemilihan Sekda ini harus dipublikasikan setiap tahapannya sehingga masyarakat mengetahui dan bersama-sama mengawasi,” sebut dia.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar mengenali calon-calon yang mengikuti seleksi sehingga dapat mengetahui integritas, profesionalitas, dan kualitas kandidat.

Selain itu, dirinya mengatakan akan jauh lebih baik apabila rekam jejak para calon dipublikasikan juga sehingga masyarakat mampu melihat rekam jejak calon.

Hal itu, kata dia, sangat membantu dalam menjaga proses seleksi kandidat berjalan bersih. Sebab jika ketahuan ada calon yang bermasalah bisa langsung dilaporkan.

“Jika hal itu dilakukan secara transparan, maka akan mencegah berbagai kepentingan politik dalam pemilihan Sekda,” ujarnya.

“Tes administrasi, kesehatan, penulisan masalah, assessment, tes wawancara. Tahapan itu harus terbuka dan hasilnya harus diumumkan ke publik,” imbuhnya.

Sebelumnya, pengumuman pendaftaran seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris Kota Depok tahun 2021 telah berlangsung dari tanggal 7 Mei-24 Mei 2021. (Mg12)

Tinggalkan Balasan