oleh

Pemudik Diimbau Harus Tes Antigen Sebelum ke Pelabuhan

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, antisipasi dan penanganan arus transportasi dari Pulau Sumatera ke Jawa sangat penting.

Salah satunya, terkait antisipasi masyarakat yang akan menyebrang ke Jawa agar dipastikan benar-benar aman dari Covid-19.

“Sangat penting diperiksa mulai dari daerah, dan itu perlu koordinasi dengan Polda, Kodam, Polres, Danrem. Itu betul-betul menjadi kunci. Upayakan yang berangkat itu benar-benar sehat,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (17/5).

Baca Juga:  Tes Antigen Bisa Mandiri di Singapura dan Dikumpulkan Lewat Mesin

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pada periode lebaran masyarakat yang menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung sebanyak 440 ribu orang, dan diperkirakan yang kembali ke Jawa jumlahnya akan sama.

Sehingga, untuk menghindari penumpukan di Pelabuhan Bakauheni, Menhub Budi Karya meminta agar masyarakat yang akan menyebrang ke Jawa untuk melakukan swab antigen di daerah asal keberangkatannya.

Baca Juga:  3 Hal Penting dalam Peraturan Presiden Tentang Percepatan Penurunan Stunting

“Kalau dia dari Sumatera Barat ya di Sumatera Barat, dari Aceh ya di Aceh. Kalau dari Sumatera Selatan ya di Sumatera Selatan. Karena kita menghindari penumpukan di sini,” ucapnya. (jawapos.com)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga