oleh

H-2 Idulfitri, BMKG Kota Bandung Sudah Persiapkan Agenda Mencari Hilal

BANDUNG – Dua hari menjelang Idulfitri, Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Kota Bandung telah mempersiapkan agenda untuk mencari hilal untuk memastikan bulan Syawal 1442 Hijriah.

Data atas pencarian hilal yang bakal disampaikan adalah posisi hilal pada hari Selasa (11 Mei 2021) dan Rabu (12 Mei 2021), dalam hal ini BMKG Kota Bandung sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan dalam menentukan hilal 1442 H, seperti yang dijelaskan oleh Rasmid selaku Kepala Seksi Data dan Informasi.

Baca Juga:  Beberapa Wali Murid Mengaku Masih Bingung dengan Sistem PPDB Online

“Mekanisme pengamatan atau rukyat hilal penentu awal bulan Qomariah (Hijriyah) oleh BMKG, kita sudah mempersiapkan alat untuk mendeteksi hilal dengan memanfaatkan teleskop/teropong terkomputerisasi yang dipadukan dengan teknologi informasi,” katanya.

“Saat pengamatan dilaksanakan, kecerlangan cahaya hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi bulan di ufuk barat,” jelas Rasmid saat diwawancarai di Kantor BMKG Kota Bandung, Senin (10/05).

Baca Juga:  Soal Penutupan Sejumlah Objek Wisata, Pihak Kebun Binatang Kota Bandung Bilang Begini

Penentuan hilal awal bulan syawal 1442 H ini juga dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia pada Selasa (11 Mei 2021) dan Rabu (12 Mei 2021).

“Memasuki bulan Syawal nanti, BMKG akan melaksanakan Rukyat Hilal pada 11 dan 12 Mei 2021 di 29 lokasi di Indonesia,” sambungnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga