oleh

Viral Gambar Bumi Datar di Soal Ujian SD, Kadisdik Akui Kekeliruan Itu Ada di Dua Sekolah Swasta

CIMAHI – Dunia pendidikan di Kota Cimahi heboh setelah munculnya soal ujian sekolah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang memuat gambar bumi datar. Dalam soal tersebut, semua planet digambarkan bulat, terkecuali bumi yang digambarkan datar.

Soal itu diketahui berasal dari salah satu SD di Kota Cimahi. Hal tersebut diketahui dari unggahan twitter @BudiMamo, dan di-mention langsung ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-ristek) Nadiem Makarim.

Baca Juga:  Supaya Jalan Terus, Perajin Tempe di Cimahi Putar Otak Siasati Naiknya Harga Kedelai

Dalam soal yang diketahui nomor 30 itu, tertulis perintah kepada siswa untuk menjawab gambar mana saja yang merupakan planet dari luar. Terdapat delapan planet yang berada dalam soal gambar tersebut.

Namun hanya bumi yang gambarnya datar. Sementara sisanya seperti Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus bentuknya bulat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono pun membenarkan adanya kekeliruan dalam soal bergambar tersebut. Soal tersebut dibuat di dua SD swasta di Kota Cimahi.

Baca Juga:  Kendaraan Rusak Akibat Kena Pohon Tumbang Bisa Dapat Asuransi, Ini Syaratnya

“Saya dapat informasi itu di sekolah swasta. Sudah saya panggil dari pihak sekolah dan guru yang bersangkutan,” kata Harjono, Kamis (6/5).

Berdasarkan penjelasan dari pihak sekolah dan guru, ungkap Harjono, soal tersebut disusun tim penyusun soal guru kelas VI.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga