Lebaran, ASN Wajib Setor Swa Foto Sebagai Bukti Tidak Mudik

KARAWANG– Pemerintah melalui Kementrian PAN-RB, mengeluarkan aturan larangan mudik lebaran tahun 2021 bagi para ASN dan Keluarganya. Se­bagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemen PAN-RB Nomor 08 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah atau Mudik Bagi ASN. Ada sanksi yang menunggu di depan, bagi para ASN yang terbukti melanggar.

Guna mencegah mobilisasi ASN selama libur lebaran. Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana bakal mewajibkan seluruh ASN di Karawang mengirimkan foto selfie di rumah. Selama men­jalani libur cuti bersama lebaran.

Selain foto selfie, Cellica juga akan tetap memantau ke­beradaan para ASN di Karawang. Melalui aplikasi Sistem Infor­masi Absen Pegawai (SIAP) untuk mengetahui titik lokasi pengam­bilan foto tersebut.

“Sesuai arahan Menpan RB, ASN dilarang melakukan mudik Lebaran tahun ini. Saya berharap semua mematuhi aturan terse­but,” ujar Cellica, kemarin (5/5).

Cellica menyebut, dengan pe­mantauan melalui aplikasi SIAP, para ASN tidak akan bisa ber­bohong. Pasalnya, dalam foto hasil absensi nanti. Akan ada titik koordinat pasti keberadaan para ASN tersebut.

“Teknologi sudah maju jadi mereka bisa kita ketahui ke beradaannya,” katanya

Pemanfaatan teknologi, lanjut Cellica, juga bisa di­gunakan sebagai alat untuk silaturahmi dengan keluar­ga. Misalnya menggunakan video conference, video call, zoom meeting, dan berba­gai macam aplikasi lainnya.

Selain itu, kata Cellica, lar­angan mudik ini diperuntu­kan bukan hanya bagi ASN yang berstatus PNS. Tapi juga bagi mereka yang non-PNS yang bekerja di ling­kungan Pemda Karawang. “Seluruh ASN akan saya awasi, yang PNS mau pun non PNS,” kata Cellica.

Masih kata Cellica, sesuai instruksi pemerintah pusat. Larangan mudik ini bukan diperuntukan bagi ASN saja. Akan tetap, kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Khusus untuk warga Karawang, Cellica meminta agar masyarakatnya bisa mentaati aturan pemerin­tah untuk tidak melakukan mudik tahun ini.

“Saya imbau masyarakat juga tidak perlu mudik. Mari kita sama-sama rayakan lebaran tahun ini di rumah masing-masing,” pung­kasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan