oleh

BPS Jawa Barat Sebut Kegiatan Transportasi di Jabar Alami Kenaikan, Ini Penyebabnya

BANDUNG – Koordinator Fungsi Integrasi dan Pengelolahan Data Statistik (IPDS), Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Jaih Ibrohim mengatakan, transportasi angkutan udara, laut dan kereta api di bulan Maret 2021 mengalami kenaikan. Menurutnya, kenaikan tersebut disebabkan adanya libur panjang.

“Statistik Transportasi memotret keadaan di bulan Maret selama sebulan terdapat hari libur. Kalau di transportasi itu kalau ada hari libur dan hari besar sangat mempengaruhi kegiatan transportasi,” ucap Jaih saat menyampaikan berita statistik di Kota Bandung, Selasa (4/5).

Jaih mengatakan, untuk transportasi angkutan udara dari lima (5) Bandara di Jabar. Seperti Husein Sastranegara, Kertajati, Cakrabhuwana Penggung, Nusawiru dan Wiriadinata sedikit ada kenaikan. Dari 13.281 penumpang menjadi 16.472 penumpang.

“Cukup sedikit naik dari segi absolut. Tapi dari segi presentase bila dibandingkan dengan bulan lalu sangat lumayan. Hampir 25 persen atau lebih tepatnya 24,03 persen,” katanya.

Dijelaskannya, di masa pandemi ini, angkutan udara naik disebabkan pada pertengahan bulan Maret terdapat libur Isro dan Mi’raj. Mesti begitu, pihaknya belum memotret keadaan Ramadhan .

“Y-on-Y nya, dibandingkan dengan tahun 2020 masih jauh. Hampir setengahnya tidak sebanyak pada tahun sebelumnya. Juga kalau dilihat C-to-C nya turun juga. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir sehingga aktivitas transportasi kembali membaik,” jelas Jaih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga