oleh

Mendag Sebut Teknologi Sebagai Kunci Sukses UMKM

JAKARTA – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan kunci sukses kemajuan dan mendorong transformasi usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa bersaing secara global haruslah dengan pemanfaatan teknologi digital, terlebih dengan zaman teknologi seperti sekarang.

“Pemanfaatan teknologi digital pada salah satu kunci utama dalam mendorong transformasi UMKM agar bisa bersaing secara global,” ujar Menteri Lutfi dalam acara virtual bersama Google Indonesia, Selasa.

Baca Juga:  Anak Muda Kreatif Ditantang di AHM Best Student 2021

Dia mengatakan pemerintah terus mendorong dan membantu UMKM dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing mereka. Selain itu, pelaku UMKM juga terus didorong untuk memanfaatkan teknologi digital agar dapat memperkuat posisi mereka tidak hanya di pasar domestik tetapi juga dapat memperluas hingga pasar ekspor global.

Oleh karena itu, kata dia, pelaku UMKM harus memiliki kemampuan literasi digital, baik keahlian dasar seperti pemasaran lewat platform daring maupun keahlian lanjutan seperti personalisasi produk yang memiliki target dan segmentasi.

Baca Juga:  Sebanyak 17 Ribu Perusahaan Telah Mendaftar, Vaksinasi Gotong Royong Segera Dimulai Mei Mendatang

“Menggunakan artificial intelligence adalah kemampuan yang mutlak perlu dikuasai oleh pelaku usaha di Indonesia,” kata Menteri Lutfi.

Lebih lanjut, Lutfi mengatakan bahwa Indonesia mempunyai potensi pasar digital yang sangat besar. Dia menyebut bahwa nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan mencapai Rp4.434 triliun rupiah di tahun 2030 atau setara dengan 16 persen nilai produk domestik bruto. (Antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga