Ridwan Kamil Ingin Masjid Jadi Pusat Peradaban Manusia

BANDUNG – Menjelang bulan suci Ramadhan 1442 H/  2021, Pemerintah Provinsi Jawa Barat beserta Bank BJB dan PW DMI Jawa Barat menggelar acara silahturahmi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula DMI Jawa Barat, Kota Bandung, pada hari Sabtu (10/4) sekaligus melangsungkan implementasi aplikasi BJB Mesra Mobile dan launching QRIS.

Program “Masyarakat Ekonomi Sejahtera” (Mesra) merupakan kredit bagi pelaku Usaha Mikro yang berada di sekitar rumah ibadah di Jawa Barat.

Sebab, Ridwan Kamil menginginkan bahwa masjid harus menjadi pusat peradaban dari masyarakat setempat yang menganut agama Islam.

“Masjid itu harus menjadi pusat peradaban, saya ingin yang ke masjid itu orang soleh-soleh, beriman-beriman, bertaqwa dan sejahtera,” ujar gubernur saat memberikan sambutan.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, membuat program “Mesra” yang rancangannya sesuai syariat Islam.

“Saya bilang harus sesuai syariat Islam tidak ada bunga dan lainnya. Itukan jadi ada aturan kalau tidak ada aturan OJK tidak akan mengizinkan,” lanjut Kang Emil.

Ia juga mengimbau kepada pimpinan masjid untuk menyejahterakan masyarakat sekitarnya dengan memanfaatkan program Mesra ini.

“Imbauan saya di siang ini, ada tugas mulia untuk pimpinan masjid untuk menyejahterakan masyarakat sekitarnya. Supaya tidak ada anak yatim yang terlantar, tetangga yang tidak makan, padahal instrumennya ada,” imbau Gubernur.

Ke depan, dengan adanya kerja sama ini, ia berharap terdapat digitalisasi dalam kegiatan masjid. Salah satunya mengenai “kencleng” yang biasa “berkeliling” saat sholat Jumat.

“Nanti kode QRIS ini saya mau disebar ke semua masjid. Jadi kalo kencleng tinggal cling-cling gitukan,” ujar Ridwan Kamil seraya menutup sambutannya. (MG7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan