Selamat! Ilene Berhasil Raih Juara Pertama INTM, Yuk Intip Faktanya

4. Pengalaman depresinya dibuat candaan oleh juri INTM hingga direspon psikolog dan Suicidologist

Ilene mengungkapkan bawa dirinya pernah didiagnosa menderita eating disorder, di mana merasakan rasa ingin makan banyak dan tidak ingin makan sama sekali. Namun tanggapan dari Deddy Corbuzier dan Luna Maya mengejutkan warganet karna dianggap tidak sensitif terhadap kesehatan mental. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang komentar Luna Maya dan Deddy Corbuzier beserta tanggapan dari psikolog dan KPI.

“Saya suka banget makan, jadi saya eating disorder kali, ya?” ujar Luna Maya menyela penjelasan Ilene dan dilanjutkan dengan kekejutannya atas penyakit yang pernah diderita Ilene.

Deddy Corbuzier juga menanggapi penjelasan Ilene dengan berkata “Depresi? Bentar, bentar, bentar. Saya penasaran, deh, dengan teman-teman di sini, apalagi kamu, Ilene. Kamu, tuh, cantik. Kamu, tuh, model, tinggi. Terus, seksi, iya. Pinter, iya. Kalau kamu depresi, kamu itu nyakitin tukang martabak yang jualan depan rumah,” ujar Deddy Corbuzier.

Meski direspon dengan senyuman oleh Ilene dan menyalahkan dirinya sendiri kala itu, namun hal tersebut membuat warganet geram dengan ketidak sensitifan Luna dan Deddy atas gangguan yang di derita Ilene serta menyayangkan perilaku keduanya. Kritik keras pun datang baik dari warganet biasa hingga ke psikolog. Salah satunya adalah tanggapan psikolog muda yang bekerja di salah satu rumah sakit di Bogor, Jiemi Ardian.

Tak hanya itu, Benny Prawira seorang Suicidologist (orang yang mempelajari perilaku dan pencegahan bunuh diri) juga turut memberi teguran pada stasiun televisi yang menayangkannya, NET TV. KPI pun turut terseret dengan masalah tersebut untuk mohon ditangani.

Ia berpesan bahwa isu kesehatan mental seperti itu dapat dikemas menjadi lebih menyentuh dan informatif, serta memberikan apresiasi bagi Ilene yang sudah berhasil melewati masa sulitnya dan berani bercerita mengenai penyakitnya.

5. Sempat dinilai tidak punya mental seorang pemenang di Indonesia’s Next Top Model

Ketika penjurian untuk 4 peserta yang tersisa di INTM, keempat juri yaitu Luna Maya, Patricia Gouw, Panca Makmun, dan Deddy Corbuizier membahas attitude Ilene sebagai salah satu peserta INTM yang bakatnya cukup bisa diandalkan. Namun ketika melihat tayangan aktivitas Ilene selama di rumah karantina, juri mengungkapkan bahwa Ilene adalah salah satu kontestan yang julid atau selalu iri dan dengki ketika menanggapi sesuatu yang tidak ia sukai dari kontestan lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan