oleh

Ternyata Ini Manfaat Obat Kanker untuk Pasien Covid-19 Menurut Peneliti Singapura

SINGAPURA – Peneliti di Singapura membuktikan obat yang digunakan dalam pengobatan kanker dapat digunakan untuk pasien dengan kondisi gejala Covid-19 sedang hingga parah. Peneliti menemukan bahwa Topotecan, yang digunakan sebagai pengobatan kemoterapi bisa mengurangi tingkat keparahan dan kematian akibat infeksi Sars-CoV-2.

Obat itu bekerja dengan menekan peradangan di paru-paru hewan dalam uji coba di laboratorium. Pasien Covid-19 sedang hingga parah menderita peradangan, akibat respons imun abnormal yang terlalu aktif. Pada beberapa pasien, respons imun yang berlebihan dapat membanjiri area yang terinfeksi dengan sel darah putih, mengakibatkan peradangan parah, kerusakan jaringan, dan seringkali kematian.

Topotecan bekerja dengan cara mengekang respons imun ini, mengurangi risiko cedera pada tubuh. Pasien diberikan dengan dosis yang lebih rendah daripada yang biasanya digunakan dalam pengobatan kanker, sehingga secara signifikan mengurangi kemungkinan efek samping dari obat tersebut.

Respons imun juga belum sepenuhnya dihilangkan, dengan hewan laboratorium masih mampu memproduksi antibodi untuk menanggulangi virus tersebut. Penelitian yang dipimpin oleh Associate Professor Ivan Marazzi dari Departemen Mikrobiologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di Amerika Serikat, melibatkan peneliti dari National University Cancer Institute, Singapura (NCIS). Penemuan ini dipublikasikan secara online di jurnal ilmiah Cell pada 30 Maret.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga