Salah Satu yang Terbaik di Indonesia, Kemendagri Beri Penghargaan Terhadap Pelayanan Disdukcapil Kota Bandung

BANDUNG – Kembali Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Apresiasi datang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memberikan penghargaan atas pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil.

Sebelumnya, Disdukcapil Kota Bandung juga telah menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, sebagai salah satu Kota Penyelenggaraan Pelayanan Publik terbaik. Disdukcapil Kota Bandung mendapatkan predikat A.

Kali ini Kemendagri memberikan penghargaan dengan kategori Dukcapil BISA, apresiasi diberikan atas capaian terbaik dari kinerja layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung.

Piagam penghargaan ini disampaikan langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian saat membuka acara Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2021 secara daring, Selasa, 30 Maret 2021. Sedangkan Rakornasi berlangsung selama dua hari hingga Rabu, 31 Maret 2021.

Wali kota bandung, Oded M. Danial sangat bersyukur atas apresiasi dari Kemendagri ini. Lantaran hal ini menjadi indikator terhadap kinerja Pemkot Bandung, terutama dalam melayani masyarakat.

Namun, dia mengingatkan kepada Disdukcapil ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, agar tak terlena atas penghargaan yang diraih. Justru, capaian ini harus dijadikan pemicu untuk meningkatkan kinerja.

”Tentu siapa pun, OPD manapun ketika kita mendapat respon positif dari pemerintah pusat saya berharap kinerja kita lebih meningkat. Walaupun memang saya melihat Dukcapil ini sudah banyak inovasinya,” ucap Oded, Rabu, 31 Maret 2021.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar.

Dia mengamini pernyataan Wali Kota bahwa Disdukcapil enggan berpuas diri lantaran telah mendapatkan penghargaan dari Kemendagri.

Justru, sambung Tatang, penghargaan ini harus menjadi pengingat untuk mempertahankan kinerja secara optimal. Bahkan, menjadi cambuk agar bisa meningkatkan pelayananan yang diberikan.

”Karena penghargaan bukan tujuan, tapi itu sebagai pendorong untuk kita bisa berkinerja lebih baik lagi. Melalui penghargaan itu, bisa melihat tolak ukur dari pencapaian kinerja kita dari sisi evaluasi dari pusat, terutama dari kementerian,” ujar Tatang.

Tatang menuturkan, Kota Bandung menjadi daerah terbaik dalam memberikan layanan Dukcapil bersama 38 kota kabupaten di Indonesia. Hal ini menjadi sangat istimewa mengingat kondisi demografis Kota Bandung yang semakin padat penduduk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan