Salah Satu yang Terbaik di Indonesia, Kemendagri Beri Penghargaan Terhadap Pelayanan Disdukcapil Kota Bandung

”Tujuan kita bagaiamana bisa memberikan layanan terbaik ke masyarakat. Istilahnya, pelayanan yang membahagiakan masyarakat,” tuturnya.

Tatang mengungkapkan, kata kunci menghadirkan kebahagian tersebut yakni dengan memberikan layanan yang cepat dan mudah. Di antaranya, yakni Disdukcapil terus mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil secara daring.

Terlebih, ujar Tatang, di tengah pandemi CoVid-19 ini layanan daring menjadi keniscayaan dalam rangka meminimalisir interaksi masyarakat. Sehingga, Disdukcapil juga sekaligus berperan penting dalam menekan mata rantai penyebaran virus corona.

”Kita sudah memberikan banyak layanan online dengan berbagai aplikasi. Seperti untuk pemutakhiran data kartu keluarga dan KTP kita memiliki aplikasi Pemuda. Kemudian akta kelahiran, KIA, identitas anak termasuk kematian kita ada aplikasi Salaman, dan itu bisa didownload di web atau playstore,” bebernya.

Tatang menambahkan, untuk memudahkan jangkauan masyarakat yang masih memerlukan layanan langsung, pihaknya juga membuat beberapa gerai yang tersebar di sejumlah wilayah.

Bahkan, dalam waktu dekat akan dibuat lagi sehingga total akan ada lima gerai tambahan.

”Kemudian terkait dengan kecepatan dan kemudahan ini juga kita telah mendistribusikan layanan di 30 kecamatan dan kita memiliki 4 gerai di Metro Indah Mal, Festival Citylink, BTC Pasteur dan di Gedung DPRD. Insyaallah ada penambahan gerai di Summarecon,” ungkapnya.

Namun dari sekian banyak layanan yang dilakukan secara maksimal oleh Disdukcapil, Tatang menegaskan hal paling utama dari layanan tersebut yakni diberikan secara gratis.

”Kemudian yang terpenting dari pelayanan ini sebagai kemudahan buat masyarakat layanan ini harus gratis. Tentu saja, masyarakat harus bisa mengurus sendiri untuk menghindari pungutan-pungutan lain,” katanya. (rls/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan