oleh

PLN UIP JBT I Dukung Transformasi PLN Melalui Pembangunan Proyek EBT di Jawa Barat

BANDUNG – Guna meningkatkan kinerja perusahaan, PT PLN (Persero) melaunching program Transformasi PLN yang diresmikan sejak 21 April 2020. Transformasi PLN yang memiliki empat pilar aspirasi, yaitu green, lean, innovative dan customer focused ini merupakan wujud adaptasi perusahaan terhadap perubahan kondisi kelistrikan di Indonesia dari sebelumnya defisit menjadi surplus.

Selaras dengan salah satu aspirasi dalam Transformasi PLN, yaitu Green, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (UIP JBT I) sebagai salah satu unit PLN yang mendapatkan amanah untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini tengah membangun beberapa proyek pembangkit listrik ramah lingkungan yang memanfaatkan potensi energi baru terbarukan (EBT) / renewable energy. Pembangunan proyek tersebut diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk mencapai pemanfaatan EBT sebesar 23% pada 2025.

“Target ini menjadi tantangan bagi kami PLN. Saat ini pemanfaatan EBT baru mencapai sekitar 7 GW. Berarti masih ada sekitar 16 GW lagi yang harus diupayakan agar target tersebut tercapai di 2025,” jelas Octavianus Duha, General Manager PLN UIP JBT I.

Langkah strategis yang dilakukan PLN UIP JBT I sebagai unit pembangunan, salah satunya dengan menyelesaikan pembangunan PLTA Jatigede berkapasitas 2×55 MW, yang berlokasi di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Dalam pengoperasiannya, PLTA Jatigede nantinya akan memanfaatkan air dari waduk Jatigede yang dibangun oleh Kementerian PUPR, dengan mengalirkan air ke terowongan menuju power house untuk menghasilkan listrik sebesar 110 MW.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga