oleh

Vaksinasi untuk Orang dengan Komorbid Perlu Rekomendasi Dokter, Kata IDI

JAKARTA – Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Iris Rengganis mengemukakan calon peserta vaksinasi dengankomorbid untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum hari penyuntikan.

“Komorbid harus dipastikan terkontrol saat akan disuntik karena pada dasarnya vaksinasi itu diberikan kepada orang yang sedang dalam kondisi sehat,”katanya saat menjadi pembicara pada webinar bertajuk “Mengenal Risiko COVID-19 dan Rehabilitasi Medik Bagi Penyintas”, Sabtu, (27/3).

Ia menjelaskan, pada masa-masa awal vaksinasi, memang banyak item komorbid yang tidak dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi.

“Namun rekomendasinya terus diperbarui. Seperti untuk komorbid diabetes yang sampai mengalami empat kali perubahan. Kini calon peserta dengan komorbid diabetes, sudah diperbolehkan mendapatkan vaksinasi. Dengan catatan gula darahnya terkontrol dalam sebulan terakhir sebelum vaksinasi,” kata Iris.

 

Terkait: Vaksin Sinovac Dinilai Aman Untuk Anak-anak

 

Demikian pula bagi calon peserta dengan komorbid hipertensi, tensinya harus terkontrol saat akan mendapatkan vaksinasi.

“Untuk memastikan kondisi tubuh memang siap untuk divaksinasi, maka dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab tidak semua komorbid bisa disamakan kasusnya. Beda pasien tentu beda penanganan dan beda kondisinya, sehingga dokter bersangkutan yang akan lebih paham,” katanya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga