oleh

Sudah Ada Mbah Google, Kenapa Pemprov Jabar Perlu Meluncurkan EDJ?

BANDUNG – Tidak banyak pemerintah daerah yang memberi akses terhadap data-data kepemerintahan untuk dapat diperoleh masyarakat umum.

Meski begitu transparansi data saat ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari tindakan maupun opini negatif dari publik.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan informasi terbaik bagi warganya.

Kali ini Pemprov Jabar meluncurkan portal Ekosistem Data Jabar (EDJ) sebagai sarana pengumpulan informasi yang terintegrasi untuk pencarian data-data yang dibutuhkan seluruh masyarakat demi menjaga bentuk transparansi laporan.

Masyarakat nantinya dapat mengetahui data apa saja yang terdapat dalam lingkup Pemprov Jabar, seperti yang disampaikan Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jabar, Ida Ningrum.

“Itu (EDJ) merupakan portal berbagai pakai data di pemerintah prov jabar yang diantaranya bisa juga diakses masyarakat,” ujarnya saat melakukan peluncuran EDJ dalam acara Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (24/3).

Masyarakat nantinya dapat memperoleh atau mencari informasi yang diinginkan melalui berbagai platform aplikasi yang disediakan EDJ untuk kebutuhan transparansi data sesuai organisasi perangkat daerah.

“Di Open Data Jabar kita akan tampilkan data yang berdasarkan fitu-fitur organisasi, organisasinya itu perangkat daerah jadi misalnya masyarakat ingin mengakses data ruang lingkup kesehatan itu bisa mengklik dinas kesehatan itu ada data-data yang terkait dinas kesehatan jadi kita susun secara organisasi berdasarkan pernagkat daerah di Open data Jabar,” jelas Ida Ningrum.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga