oleh

Jawa Barat Menuju Digital Province, Desa Terpelosok Segera Menyusul

BANDUNG – Jawa Barat setahap demi setahap terus menuju digital province seperti yang dicanangkan, berbagai perubahan dan inovasi terus dilakukan demi mencapai tujuan tersebut.

Jabar Digital Province sendiri merupakan sebuah konsep yang dipersiapkan untuk melakukan proses digitalisasi terhadap pelayanan untuk masyarakat di seluruh wilayah Jawa Barat.

Setelah mengagas pembentukan Jabar Digital Service (JDS) atau Unit Pelaksana Teknis Pengelola Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial, kini pusat layanan digital di Jawa Barat tersebut meluncurkan portal dan aplikasi terbaru bagi masyarakat yang ingin memperoleh data pemerintah.

Dengan nama Ekosistem Data Jabar, masyarakat dapat mengakses dan memanfaatkan data tentang Jabar dengan aplikasi Open Data Jabar, Satu Peta Jabar, dan Satu Data Jabar.

Informasi data yang dikumpulkan tentu berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Jawa Barat sehingga saling bagi data yang dilakukan lebih akurat, terstandar, dan tanpa birokrasi untuk mendukung perumusan kebijakan yang lebih terukur.

Namun tentu manfaat tersebut bisa dengan mudah didapatkan jika terdapat koneksi jaringan internet yang baik, lalu bagaimana dengan nasib masyarakat yang tinggal di desa-desa dengan akses internet yang masih sulit?

Kepala UPTD JDS Jawa Barat, Agi Agung mengatakan bahwa nanti desa-desa tersebut akan berkonsep desa digital namun perlu penyesuaian program lebih lanjut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga