Dukung Produk UMKM, Kampanye Nasional ‘Gerakan Bangga Buatan Indonesia’ Digelar Bulan Depan

BANDUNG – Jawa Barat didapuk menjadi tuan rumah dalam kampanye nasional “Gerakan Bangga Buatan Indonesia” yang akan diselenggarakan pada bulan April.

Kegiatan tersebut tentu sebagai salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan aktivitas ekonomi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Gerakan nasional bangga buatan Indonesia bertujuan untuk mendorong masyarakat Indonesia untuk bangga membeli dan mengkonsunsi produk buatan karya anak bangsa sendiri utamanya pada sektor UMKM,” ujar Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM dalam jumpa pers di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (21/3).

Selain itu, ajang tersebut juga ditujukan sebagai upaya peningkatan digitalisasi para pelaku UMKM dalam melakukan transaksi, baik pemesanan, pengiriman, maupun hal-hal lainnya.

“Kita juga ingin mendorong semakin banyak UMKM kita yang go digital, saat ini sudah ada 12 juta dan kita targetkan di 2023 itu 30 juta karena itu target kita per bulan 300 ribu yang on boarding,” tambah Teten.

Secara khusus ia juga mengharapkan produk UMKM dari Jawa Barat dapat mendominasi konsumsi masyarakat baik dalam daerah maupun dari seluruh Indonesia.

“Nah di bulan April ini gerakan Bangga Buatan Indonesia tuan rumahnya Jawa Barat, kita ingin UMKM di Jawa Barat betul-betul menguasai konsumsi masyarakat Indonesia,” harapnya.

Teten juga meminta agar produk-produk yang dipromosikan nanti sudah melalui quality control yang baik sehingga memiliki daya saing mumpuni.

“Selama satu bulan penuh di bulan April nanti kita promosikan kita ajak seluruh masyarakat Jabar dan Indonesia untuk membeli produk-produk UMKM yg unggul yg punya daya saing sehingga ini menjadi satu tahap mendorong produk UMKM dalam on boarding di platform digital global,” tutup pria yang juga ditunjuk sebagai Manager National Movement tersebut. (MG7)

Tinggalkan Balasan