Kemenkes Apresiasi Upaya Jabar Mempercepat Vaksinasi Covid-19

BANDUNG – Kementerian Kesehatan mengapresiasi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang berkomitmen mempercepat vaksinasi COVID-19. Komitmen itu terwujud dari keputusan untuk meminjamkan Gedung Pakuan dan Gedung Sate sebagai tempat pelayanan vaksinasi.

“Ada beberapa provinsi yang tercatat sudah habis stok vaksinnya yaitu Jabar, Sumsel, Lampung, Jatim, Jateng dan Papua. Kami ucapkan terima kasih dan akan kami suplai lagi stoknya ke daerah yang vaksinnya sudah habis. Mohon daerah lain agar cepat vaksinasi maksimal,” kata Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono dalam Rakor Virtual Percepatan Vaksinasi bersama Kemenkes dan Kepala Daerah yang diikuti oleh Gubernur Jabar M Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin, (15/3).

 

Target Selesai Vaksinasi untuk Lansia

Dante mengatakan, pemerintah pusat menargetkan vaksinasi tahap II dengan sasaran lansia selesai pada akhir Juni 2021. Jika itu tercapai, vaksinasi tahap selanjutnya dapat mulai Juli 2021.

“Semoga vaksinasi lansia ini bisa kita selesaikan Mei atau akhir Juni 2021 sehingga kita bisa masuk ke kategori masyarakat rentan dan masyarakat lainnya di bulan Juli,” ujarnya.

Selain memanfaatkan gedung-gedung besar, kata Dante, vaksinasi tetap akan berjalan pada Bulan Ramadan. Hal itu guna mempercepat proses penyuntikan vaksin COVID-19.

“Termasuk bulan puasa pun kita akan tetap vaksinasi sehingga target untuk herd immunity pada akhir tahun ini atau paling tidak pertengahan tahun depan sudah tercapai,” tuturnya.

“Kami harap tidak mengandalkan faskes, tapi gandeng klinik swasta dan bikin sentra vaksinasi tentunya dengan pengawasan dinas kesehatan,” katanya.

Menurut Dante, pihaknya akan menambah alokasi vaksin COVID-19 bagi daerah yang stok vaksinnya habis. Sampai Mei, Kemenkes memiliki sekitar sembilan juta dosis vaksin yang siap didistribusikan.

“Suplai vaksin untuk mendukung percepatan itu kita punya sembilan juta dosis vaksin yang ada di lapangan sampai Mei yang siap disalurkan sesuai yang diperlukan,” katanya.

Percepatan vaksinasi perlu dilakukan. Selain untuk membentuk kekebalan kelompok, vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini memiliki kedaluwarsa selama enam bulan.

Oleh karena itu, Dante mendorong semua daerah untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan