Bandung Barat Triathlon, Upaya Bangkitkan UMKM

PADALARANG – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, menggenjot promosi Sport Tourism yang jadi daya tarik di wilayah KBB.

Seperti yang dilakukannya kali ini, dengan menggelar Bandung Barat Triathlon. Event tersebut menggabungkan tiga jenis olahraga yakni sepeda, lari dan diakhiri dengan bermain golf.

Semua kegiatan tersebut dihelat di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB. Sejumlah pesohor terlibat dalam event bergengsi tersebut, di antaranya Wali Kota Bogor Bima Arya, Wabup Bandung Sahrul Gunawan, Wabup Indramayu Lucky Hakim, dan artis Ibukota Raffi Ahmad.

“Kita ingin mempromosikan Sport Tourism di KBB, jadi punya daya tarik lain yang bisa ditawarkan. Tadi itu peserta melakukan olahraga sepeda sepanjang 20 KM, lari 5 KM dilanjutkan bermain Golf 18 Hole,” ujar Hengky, Minggu (14/3).

Hal itu juga merupakan tekadnya untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) KBB yang terpuruk di tengah pandemi Covid-19.

“Even banyak tertunda karena pandemi Covid-19 dan ini adalah kegiatan yang pertama setelah pihak berwajib mengijinkan kegiatan kebudayaan dan olahraga boleh diselenggarakan,” katanya.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap UMKM Bandung Barat, Hengky mengaku baik Jersey maupun tas sebanyak masing-masing 200 buah dipesan langsung dari pelaku UMKM KBB. Selain itu, para pelaku UMKM pada di bidang kuliner pun tak luput dari perhatiannya.

“Saya secara pribadi menyumbang uang senilai Rp 75 juta dan pembuatan tas serta Jersey asli produk Bandung Barat. Sementara itu pelaku UMKM di bidang kuliner kita sediakan Pucuk Culinary sekaligus kita borong senilai Rp 25 juta,” katanya.

Hengky menegaskan, dalam even Bandung Barat Triathlon tersebut sangat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat. Hal itu dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Peserta kita batasi sebanyak 30 orang dan sebelum mengikuti kegiatan ini kita wajibkan untuk melakukan rapid tes antigen terlebih untuk memastikan kesehatan dalam kondisi baik,” katanya.

Ia pun berharap, kegiatan yang bersifat promosi bagi Kabupaten Bandung Barat ini menjadi titik awal bangkitnya perekonomian masyarakat usai dihantam pandemi Covid-19 yang berimbas pada seluruh sektor ekonomi.

Tinggalkan Balasan