oleh

Warga KBB Terancam Potensi Longsor Bukit Palasari, BNPB Dorong Pemda Libatkan Pakar

BATUJAJAR – Pembangunan kompleks perumahan di Kampung Cibeber Hilir, Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah mengancam masyarakat sekitar.

Ancaman tersebut berasal dari Bukit Palasari yang tepat berada di atas perumahan warga dan kompleks perumahan tersebut bisa longsor tiba-tiba jika diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Bukit Palasari sendiri memiliki kemiringan 30 sampai 35 derajat. Bahkan tingkat kemiringannya bertambah hingga 45 sampai 50 derajat setelah dilakukan pemapasan.

Baca Juga:  Pohon Tumbang, Tembok Ambrol dan Longsor Terjadi Dibeberapa Titik di Wilayah Sumedang

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memantau langsung potensi bencana longsor di kawasan tersebut. BNPB sendiri langsung memberikan arahan pemerintah daerah melakukan kajian komprehensif melibatkan pakar terkait kelayakan pembangunan di lokasi tersebut.

“Kami serahkan kepada ahlinya, nanti dari pemerintah provinsi dan Kabupaten Bandung Barat harus melakukan kajian yang betul-betul melibatkan pakar. Jadi kalau sudah pakar yang berbicara, jangan ada pembangunan karena mereka yang tahu,” ujar Doni Monardo saat ditemui di Batujajar, Jumat (12/3).

Baca Juga:  Pilkades Serentak di Jawa Barat Digelar di 2 Kabupaten

Doni menyebut jika pakar bakal memberikan hasil kajian yang nantinya akan menjadi rujukan keselamatan warga setempat. Pihaknya meminta masyarakat mulai memitigasi potensi bencana di lingkungannya.

“Kita masyarakat umum jangan ngotot. Pakar itu setiap hari melakukan kajian lalu menyampaikan kajiannya. Ikuti apa yang disampaikan pakar kalau tidak ya korban akan berjatuhan,” tegasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga