Pemprov Klaim BUMD Jabar Mampu Bertahan di Masa Pandemi

BANDUNG – Kepala Biro Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Investasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka menegaskan, di masa pandemi Covid-19 mayoritas BUMD Jabar mampu bertahan.

“Tidak ada BUMD Jabar yang memberhentikan pegawai akibat kesulitan keuangan,” ucap Kim, sapaan akrabnya, di Bandung, Kamis (11/3).

Ia menjelaskan, beberapa BUMD Jabar bahkan mampu masuk dalam celah bisnis melalui pivoting strategy untuk mempertahankan level operasional dan meningkatkan level bisnis.

“Sehingga mampu mendapatkan laba usaha dan menyetorkan deviden. Sampai saat ini, tidak ada BUMD yang memberhentikan pegawai akibat kesulitan keuangan,” katanya.

Bagi BUMD, pandemi bisa menciptakan iklim kerja baru untuk menghadirkan layanan yang lebih cepat dan efisien agar semakin berkembang di masa mendatang. Untuk merealisasikannya, ucap dia, dibutuhkan inovasi dan kreativitas.

Kendati begitu, dirinya akan mendorong penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance, serta melakukan pembinaan, monitoring, dan evaluasi, secara berkelanjutan.

Pembinaan dilakukan dengan melibatkan Tim Penasehat Investasi Pemda Provinsi Jabar yang terdiri dari praktisi, akademisi, dan berkolaborasi dengan perusahaan luar maupun dalam negeri guna menumbuhkan iklim investasi.

“Pemda Provinsi Jabar juga melakukan investasi kepada beberapa BUMD sebagai upaya akselerasi menjalankan beberapa penugasan strategis dari pemerintah serta going concern bisnis perseroan,” ucapnya.

Tak hanya itu, kata dia, BUMD Jabar yang membidangi pertanian akan menjadi offtaker hasil panen Petani Milenial. Selain itu, bank bjb sudah merealisasikan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 5,3 triliun.

“Di tahun 2021, bank bjb juga akan mendapatkan kembali penempatan dana PEN. Selain menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi, BUMD Jabar turut serta dalam penanganan pandemi,” katanya.

“Di samping itu, beberapa BUMD Jabar turut serta dalam memberikan CSR untuk masyarakat sekitar sebagai bantuan langsung maupun melalui Lembaga di Pemda Provinsi Jabar,” imbuhnya.

Disamping itu, ia pun menerangkan, sebanyak enam BUMD Jabar meraih penghargaan dalam Indonesia Best BUMD Award 2021 dengan kategori yang berbeda-beda.

Keenam BUMD Jabar tersebut yakni PT Agro Jabar, PT Jasa Sarana, PT Jaswita, PT Migas Hulu Jabar, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (bank bjb), dan PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan