Akhirnya, Warga KBB Resmikan Musala yang Dibangun Selama 2,5 Tahun

NGAMPRAH – Penantian panjang Warga Kampung Rancabogo RT 03/05, Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), untuk memiliki musala sendiri di lingkungan tempat tinggalnya akhirnya terbayar.

Warga kampung tersebut berjibaku membangun musala untuk tempat peribadatan warga. Meskipun belum 100% selesai, namun setidaknya selama 2,5 tahun berjalan musala sudah bisa digunakan.

Pasalnya panitia tidak memiliki donatur tetap yang meng-cover pembiayaan pembangunan dan hanya bermodal tanah wakaf dari keluarga H. Uka. Melalui ikhtiar kuat ternyata selalu ada warga yang membantu proses pembangunannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak yang telah menyisihkan rezekinya untuk ikut membantu pembangunan. Semoga kehadiran musala ini bisa bermanfaat bagi warga dan generasi mendatang,” ujar tokoh masyarakat yang juga panitia pembangunan mushola, Empan Sopandi, Kamis (11/3).

Peresmian musala oleh warga dan tokoh masyarakat tersebut juga sengaja dilakukan bertepatan dengan peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW 1442 H.

Momen tersebut menjadi hal yang membanggakan bagi masyarakat sekitar, mengingat musala yang didirikan di tengah-tengah permukiman warga tersebut dibangun dengan dana sumbangan swadaya dari masyarakat.

“Kami sangat bersyukur di momen bertepatan dengan peringatan Isra Miraj, Mushola An Nur bisa diresmikan dan dipergunakan oleh warga,” kata

Kepala Desa Cimareme, Cecep Sudrajat yang meresmikan Musala An Nur, mengapresiasi sikap gotong royong dan saling membantu di kalangan warganya yang masih terjaga. Itu menjadi simbol Ukuwah Islamiyah yang masih terjaga dan hubungan habluminannas yang tertanam dengan baik.

“Saya berharap kehadiran mushola ini bisa menguatkan habluminannas dan hablum minallah di kalangan warga. Serta menjadi tempat membentuk generasi muda yang berahlakul karimah guna mendukung pembangunan daerah sesuai dengan visi misi Pemda KBB,” tuturnya.

Sementara penceramah K.H Cecep dalam tausiyahnya, meminta warga agar meneladani suri tauladan Nabi Muhammad SAW dalam menerima perintah salat. Isra Mikraj yang selalu diperingati setiap tahun juga harus bisa meningkatkan ketaqwaan dan kualitas ibadah setiap individu.

“Adanya musala yang baru diresmikan ini, harus dimakmurkan oleh warga. Insya allah pahala akan terus mengalir kepada yang memakmurkan musala, yang mewakafkan tanah, dan yang menyumbang tenaga, pikiran, dan materi saat pembangunan,” ucapnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan