Harga Cabai Domba di Pasar Tanjungsari Alami Perubahan, Pedagang dan Petani Akui Kenaikan

SUMEDANG – Harga cabai domba di pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang mengalami kenaikan harga, Kamis (11/3).

Hal tersebut diakui oleh beberapa pedagang sayur di kawasan pasar Tanjungsari, bahwa sejak satu minggu yang lalu beberapa harga jual sayur mengalami perubahan termasuk harga cabai domba yang mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang sayur di pasar Tanjungsari, Cecep Devi (28) mengatakan bahwa barang jualannya yang turun sama seperti penjual sayur lainnya yaitu dan timun, sementara untuk harga cabai domba ia akui memang terdapat peningkatan.

“Bonteng (timun) turun, sama kaya (pedagang) yang lain, baru kemarinanlah,” kata Cecep saat diwawancarai di pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang pada Kamis (10/3).

Ia melanjutkan bahwa turunnya harga timun di pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang cukup jauh dari harga sebelumnya.

“Kalau bonteng (timun) kemarin harganya Rp 12 ribu per kilo, kalau sekarang lagi turun, jadi Rp 10 ribu per kilonya,” ujarnya.

Sementara untuk harga cabai domba kata Cecep, kenaikannya cukup melonjak pesat.

“Cabe mah cabe domba, naik emang dari minggu kemarin. Asalnya sekilo Rp 100 ribu, sekarang jadi Rp 120 ribu sekilonya,” imbuhnya.

Meskipun demikian, untuk harga sayuran yang lainnya kata Cecep masih berada di harga normal, tidak mengalami perubahan harga.

Terkait kenaikan harga cabai domba, hal itu juga diakui oleh salah seorang petani sayuran asal Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jajang Sunendar (49) bahwa cabai domba memang sedang tinggi harga jualnya.

“Iya kalau cabe domba lagi gagah, naik lumayan udah dari semingguanlah naiknya,” ucap Jajang saat diwawancarai pada Kamis, (11/3).

Kemudian dalam pemaparannya, Cecep sempat mengeluhkan pandemi Covid-19 yang belum juga usai, sehingga berdampak juga bagi penjualannya.

“Ya lumayan berdampak, aga sepi tapi gak sepi banget. Penjualan alhamdulillah ada aja yang beli,” pungkasnya.

Bahkan menurutnya, pengunjung pasar saat pandemi dengan sebelum pandemi Covid-19 terasa turun drastis.

Cecep berharap agar ke depannya pandemi Covid-19 cepat selesai dan situasi di pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang kembali normal agar masyarakat tidak perlu takut untuk datang ke pasar. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan