Paguyuban Gelap Nyawang Nusantara, Kelompok Peduli Seni Budaya Serta Pelestarian Alam

SUMEDANG – Paguyuban Gelap Nyawang Nusantara gelar kegiatan bakti sosial dalam bentuk pengobatan atau terapi alternatif pada Kamis, (4/3).

Kegiatan bakti sosial tersebut diadakan di sekretariat Paguyuban Gelap Nyawang Nusantara, di Dusun Cibuntut, Desa Cikole, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Terkait hal itu, Ketua Paguyuban Gelap Nyawang Nusantara, Anwar Hidayat Wijaya mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Gelap Nyawang Nusantara.

“Kegiatan bakti sosial Gelap Nyawang ini dilakukan rutin satu bulan sekali, jadi Kamis siang kita bakti sosial. Malamnya, malam Jumat Kliwon kita pengajian, tawasulan,” kata Anwar saat diwawancarai di sekretariat Gelap Nyawang Nusantara, Sumedang pada Kamis, (4/3).

Selama kegiatan, terlihat para terapis, panitia penyelenggara serta warga yang hendak mendapatkan pengobatan menerapkan protokol kesehatan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Bahkan bagi warga yang datang tidak menggunakan masker, pihak Gelap Nyawang Nusantara menyediakan masker untuk diberikan.

Kemudian, mengenai kegiatan bakti sosial serta pengajian yang diselenggarakan Paguyuban Gelap Nyawang Nusantara merupakan agenda rutin setiap bulan.

“Jadi ini merupakan agenda rutin, satu bulan satu kali. Tiap bulan ada kegiatan rutin,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, Anwar juga menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut menyediakan berbagai macam pengobatan alternatif.

“Kegiatan sosial ini kalau rutin tiap sebelum malam Jumat Kliwon itu pengobatan gratis. Pengobatan alternatif diantaranya ada totok punggung, totok syaraf, gurah tenggorokan, gurah hidung dan gurah mata,” tuturnya.

Sementara untuk lokasi kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan Paguyuban Gelap Nyawang Nusantara dilakukan berdasarkan permintaan.

“Kalau lokasi itu kita berdasarkan pengajuan dari wilayah. Bulan kemarin kita di Cacaban Conggeang. Sekarang karena di sekretariat Gelap Nyawang Nusantara belum dilakukan, maka bulan sekarang di sekre Gelap Nyawang,” ucapnya.

Kemudian kata Anwar, kegiatan bakti sosial Paguyuban Gelap Nyawang telah berjalan sejak lama.

“Untuk bakti sosial sudah mulai terorganisir baru berjalan yang kedua sekarang. Tapi sebelumnya sudah berjalan, tetapi kalau dulu tidak terorganisir untuk satu bulan sekali, masih sesuai panggilan aja kalau dulu,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan