Bentuk Dukungan Pemkot Bandung Terhadap Peningkatan Ekonomi UMKM

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung tengah giat dalam memulihkan ekonomi UMKM di Kota Bandung, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung yaitu mengunjungi dan berbelanja pada salah satu pelaku UMKM Kota Bandung.

Seperti yang dilakukan oleh Yana Mulyana selaku Wakil Wali Kota Kota Bandung, ketika mengunjungi Ade Syaripudin, warga Jalan Sasak Gantung, Nitipraja, Gang Ratna RT 01/RW 05 Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Senin (01/03/2021).

Yana mengunjungi Ade dalam rangka mendukung dan mensosialisasikan program pemberian bantuan dana bagi para pelaku UMKM.

Ade Syaripudin, 70, merupakan salah satu Pelaku UMKM dalam bidang pengerajin dari bahan sampah bekas. Ia memanfaatkan sampah anorganik berupa kaleng minuman, tutup botol, plastik bekas.

“Bagus ini, karena limbah-limbah kaleng kan nilai ekonomi nya lebih kurang dibandingkan plastik, dengan diolah jadi kerajinan ini kan jadi ada nilainya, dari awalnya kaleng disulap jadi sesuatu yang unik,” ungkap Yana Mulyana saat mengunjungi kediaman Ade.

Bahkan, komponen elektronik seperti motherboard komputer, handphone, dan radio pun disulap Ade menjadi karya seni berbentuk miniatur vespa, motor gede, robot, hingga perahu.

Dengan bakat seni yang dimiliki sejak kecil, ia berhasil menyulap sampah di sekitar rumahnya menjadi karya yang memiliki nilai seni.

Tidak berhenti di limbah plastik, Ade juga berkreasi dengan bahan lain, yaitu kaleng bekas minuman.

Di tangannya, bahan tersebut diubahnya menjadi miniatur motor gede. Meski ada yang berminat, namun Ade tidak berniat menjual karya pertamanya itu karena menyimpan kenangan.

Menggunakan alat-alat sederhana, seperti gunting, tang, penggaris, obeng, gergaji, dan lem besi, Ade merangkai satu per satu bahan yang berhasil dikumpulkan. Butuh waktu satu hari untuk membuat pola miniatur dari bagian terbesar hingga hingga bagian terkecil.

“Sebetulnya pengerjaannya bisa lebih cepat, tapi masih terkendala alat. Saya ingin punya gurinda sama step. Kalau sekarang masih alat yang seadanya. Untuk satu miniatur motor vespa bahannya itu selain kaleng, ada tutup botol sama spon untuk ban dan joknya,” ucap Acep saat diwawancarai, Senin (1/3).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan