Rampungnya Tol Cisumdawu Tergantung Keseriusan Pusat

BANDUNG – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar), Daddy Rohanady, berharap komitmen Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), untuk menyelesaikan tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

Menurutnya, jalan bebas hambatan ini merupakan pembuka akses menuju Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jabar.

“Mudah-mudahan, Pak Jokowi tetap komit ya menyelesaikan tol Cisumdawu. Paling tidak, tahap satu ini diberesin di akhir tahun 2021 ini,” kata Daddy di Kota Bandung, Minggu (28/2).

Politisi Gerindra dari Dapil Kota Cirebon, Kubupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu itu mengatakan, hal tersebut terjadi karena dirinya meyakini tidak mungkin menyelesaikan jalan tol dalam dua bulan sebagaimana yang telah dikatakan Presiden.

“Kan katanya lebaran. Itungan saya, nggak bakal kekejar. Barusan, saya baru dari Sumedang. Nggak bakal kekejar tuh, dua bulan tiga bulan lagi. Dari fisiknya saja dilihat. Silahkan, kawan-kawan wartawan lihat. Menyelesaikan dua bulan, mana bisa selesai,” ungkapnya.

Daro, panggilan karib dari Daddy Rohanady memperkirakan, tahap satu tol Cisumdawu selesai di akhir tahun 2021 ini.

“Hitungan saya mungkin agak realistis. Tahap satu, sampai Cimalaka itu, sampai akhir tahun. Menurut saya mustinya bisa dikejar,” tegasnya.

Setelah itu, tahun 2022 baru garap tahap kedua. Fase empat, lima, dan enam. Itu cuma beberapa kilometer. Hitungannya tidak sampai 30 kilometer. Agar proyek strategis nasional cepat selesai, makanya semua harus didorong.

Daro juga mengatakan, terminal kedatangan dan keberangkatan pesawat, terutama yang menggunakan label BI (bandara internasional) butuh nilai lebih.

“Pertama, harus ada dong disitu terminal yang jauh lebih keren. Pembenahan lah. Yang kedua, mungkin ada hotel. Selain itu juga harus ada triger pendukung lainnya, seperti rumah sakit, supermarket, dan lain-lain kebutuhan pendukung,” paparnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyebutkan, konstruksi pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dipercepat dan ditargetkan rampung pada 2021.

“Kami sudah mendapatkan laporan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR bahwa pengerjaan tol tersebut tengah dipercepat. Kementerian PUPR menyampaikan pada 2021 ini selesai,” kata Hery.

Dijelaskannya, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu masih mengalami sedikit hambatan dalam pembebasan lahan terutama di seksi VI. Menurutnya, jika pembebasan lahan ini bisa selesai awal 2021, maka proses konstruksi segera dilakukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan