Berpotensi Besar, Pemkab Garut Dorong Pengembangan Usaha Peternakan

GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat mendorong pengembangan usaha sektor peternakan di wilayah selatan Garut karena dinilai memiliki potensi besar selain pertanian yang dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat di daerah itu.

“Kita berharap nanti ada industri peternakan di sana karena sangat potensial,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di Garut, Jumat, (26/2).

Ia menuturkan wilayah Selatan Garut memiliki banyak potensi ekonomi yang perlu dikembangkan, selain sektor pertanian dan kelautan ada juga potensi lain yaitu peternakan.

Menurut dia, industri peternakan di daerah itu akan cepat maju, apalagi rencananya pemerintah daerah dengan investor luar akan membuat pabrik pakan ternak.

“Jadi nanti akan ada pabrik pakan di Selatan itu, karena bahan bakunya ada, nanti diolah di sana menjadi pakan ternak,” katanya.

Ia menyampaikan wilayah selatan Garut memiliki banyak lahan jagung, ditambah lagi ada kebun jagung yang pengelolaannya dilakukan bersama dengan perusahaan perkebunan PT Condong.

Selain itu, lanjut dia, di wilayah selatan terdapat cukup banyak limbah sawit yang bisa diolah menjadi pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan industri peternakan di Jawa Barat.

“Garut itu kan berada di tengah Selatan Jabar, jadi pabrik pakan ternak itu bisa memasok ke daerah lain seperti Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya,” katanya, dilansir dari antara.

Ia berharap masyarakat daerah selatan Garut bisa mengambil peluang sektor usaha peternakan dan pemerintah siap mendukungnya.

Pemkab Garut juga sudah menyampaikan rencana membangun pabrik pakan ternak ke Provinsi Jabar sekaligus untuk mendorong pengembangan sektor peternakan.

“Kita sudah sampaikan ke gubernur, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jabar tentang pabrik pakan ternak ini,” katanya. (antara)

Tinggalkan Balasan