oleh

Tak Terurus, Situs Candi Bojongmenje di Rancaekek Bakal Dapat Perhatian Pemda dan Pusat

RANCAEKEK – Sempat ramai diberitakan, keberadaan Situs Candi Bojongmenje yang terletak di Kp. Bojong Menje RT 1 RW 2 Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek kondisinya luput dari perhatian dan tidak terurus.

Berdasarkan pantauan wartawan jabarekspres.com, akhirnya tadi siang Kamis (25/02), situs Candi Bojongmenje mendapat kunjungan dan perhatian mulai dari anggota DPRD Kabupaten Bandung, anggota DPR RI, Pemerintah Daerah (Pemda) hingga Pemerintah Pusat.

Terlihat dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Yayat Sudayat, Disparbud Kabupaten Bandung Aten Sonadi, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, Peneliti Utama Balai Arkeologi Nasional dr Luthfi Yondri.

Serta pihak Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Balai Pengelola Cagar Budaya Banten-Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat.

Kunjungan ini dalam rangka meninjau dan memberikan perhatian lebih serius lagi dalam proses eskavasi candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-7 tersebut.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf menilai candi tersebut belum mendapatkan upaya pelestarian dan pengembangan yang optimal dari pemerintah dan lembaga terkait.

Ia juga menyayangkan Candi Bojongmenje yang ditemukan pada tahun 2002 ini hingga kini belum juga bisa menjadi obyek wisata.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga