Meski Dihantam Pandemi Covid-19, BUMDes Nagrog Tetap Optimis

CICALENGKA – Potensi desa merupakan segala hal yang terdapat di desa, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Di mana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan dan perkembangan desa.

Seperti halnya potensi alam di Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, yang dikembangkan menjadi desa wisata alam Sehati, hasil salah satu program inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sebagai pihak yang bertanggung jawab melakukan pengelolaan tempat wisata alam Sehati milik Desa Nagrog tersebut, BUMDes yang diberi nama “Sumber Sejatera” membenarkan sepinya pengunjung akibat musibah Covid-19 di unit usaha wisata alam miliknya.

“Memang dengan kondisi sekarang, sangat signifikan imbasnya, tempat wisata alam Sehati sangat sepi pengunjung,” ungkap Ketua BUMDes Nagrog Turniawan Suhandi, SE, kepada wartawan jabarekspres.com, Kamis (25/02).

Dengan kondisi tersebut, pihaknya telah memberikan pegertian supaya para pedagang di wisata alam Sehati tetap bersabar, sembari pihaknya tetap melakukan pengembangan infrastruktur yang masih perlu dikembangkan.

“Kami sudah berkomunikasi dengan para pedagang di sana supaya tetap bersabar, mudah-mudahan kondisinya segera pulih. Sembari kami tetap melakukan pengembangan infrastruktur yang masih perlu dikembangkan,” tambahnya.

Saat ditanyakan berkenaan solusi yang lain, pihaknya masih optimis tetap berusaha, pasalnya wisata alam tersebut diklaim memiliki market yang masih tetap bisa diminati.

“Sebetulnya dengan menggabungkan edukasi budaya masih bisa ramai pengunjung, misalnya kerja sama dengan komunitas budaya melakukan pagelar seni, namun lagi-lagi kita melihat kabijakan supaya tetap patuh terhadap kondisi Covid-19, jangan sampai Pemerintah Desa nanti kena imbasnya,” tuturnya.

Salain itu, BUMDes Nagrog menyediakan pelayanan Unit Simpan Pinjam Syariah (USPS) dengan sasaran pelaku usaha kecil milik warga dengan aset sebesar Rp 2 miliar yang eksis dari tahun 2011.

Program lainnya pun diklaim masih bisa membantu serta memberdayakan perekonomian masyarakat.

’’Alhamdulillah BUMDes Desa Nagrog yang berkembang sangat pesat ini pun memiliki Unit Simpan Pinjam Syariah (USPS) yang eksis dari tahun 2011, serta program UMKM binaan, belum lagi nanti berkembang unit usaha marketing online, sehingga masih bisa membantu serta memberdayakan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (mg9)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan