Hasil Tes GeNose C19 Bisa Digunakan untuk KA Wisata

BANDUNG – Pemeriksaan GeNose C19 menjadi salah satu opsi bagi pengguna transportasi kereta api yang hendak melakukan perjalanan.

Saat ini, pelanggan kereta wisata dapat menunjukan hasil pemeriksaan GeNose C19 saat bepergian menggunakan kereta wisata, baik itu Pola Fit (perseorangan) maupun Pola Charter (sewa).

Adapun layanan Pemeriksaan GeNose C19 saat ini tersedia di delapan stasiun pemeriksaan. Mulai dari Stasiun Pasar Senen, Yogyakarta, Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi.

Dirut PT Kereta Api Pariwisata, Totok Suryono menjelaskan, GeNose C19 merupakan alat yang dapat mendeteksi Virus Corona Covid-19 inovasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Adapun kelebihan yang dimiliki oleh alat tersebut yakni murah, cepat, dan akurat.

Tes GeNose C19 merupakan upaya pemenuhan persyaratan perjalanan bagi pengguna jasa kereta api.

“KAI Wisata mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api, khususnya Kereta Wisata,” ujar Totok dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/2).

Tidak hanya itu, lanjut Totok, setiap pelanggan Kereta Wisata juga wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) selama perjalanan di atas kereta.

“Harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam, red), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Selama dalam perjalanan, pelanggan juga diharuskan menggunakan face shield serta diimbau menggunakan pakaian lengan panjang,” jelasnya.

Sesuai Surat Edaran (SE) Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan