Polresta Bandung Akan Terus Antisipasi Kasus Kekerasan dan Penyalahgunaan Bansos Covid-19

SOREANG – Maraknya kasus penganiayaan atau pengeroyokan di wilayah Kabupaten Bandung, Polresta Bandung akan terus lakukan patroli untuk menangani kasus tersebut. Hal itu dikatakan Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan.

“Tentu saja melihat kondisi seperti ini, kami dari Jajaran Kepolisian Polresta Bandung akan meningkatkan patroli maupun Samba pada tempat-tempat maupun yang berpotensi tempat berkumpulnya orang,” ungkap Hendra saat memberikan keterangannya, Kamis (18/2).

Dikatakan Hendra, beberapa fenomena terkait pengungkapan sejumlah kasus penganiayaan ataupun pengeroyokan, ada kecendrungan kasus tersebut terjadi oleh rekannya sendiri.

“Artinya sekelompok orang yang berkumpul, kemudian melakukan tindakan kekerasan dan juga tindak pidana lainnya, hal ini terjadi dikarenakan dampak dari pergaulan yang salah,” kata Hendra.

Oleh karena itu, lanjut Hendra, pihaknya mengimbau kepada masyarakat atau orang tua yang memiliki anak dalam usia dewasa, tetap harus di pantau, pasalnya salah pergaulan bisa mengakibatkan tindak pidana dan perbuatan yang berdampak kepada hukum.

Selain itu, terkait dugaan penyalahgunaan bantuan dana sosial (Bansos) yang marak di perbincangkan di wilayah Kecamatan Cicalengka, Hendra pun mengatakan, penyaluran dana bansos dalam kondisi Covid-19 ini harus menjadi perhatian pihak kepolisian dan semua kalangan masyarakat.

“Dugaan yang terjadi di wilayah Cicalengka, laporannya sudah menembus ke Saber Pungli Polda Jawa Barat. Sehingga yang menangani saat ini oleh Polda Jabar,” ucap Hendra.

Dikatakan Hendra, hal ini tentunya ada beberapa orang yang masuk terkait penyalahgunaan, saat ini pihaknya sedang mendalaminya, sehingga sampai sejauh mana kebenarannya di lapangan.

Ini juga tentu ada beberapa orang yang masuk terkait penyalahgunaan penyaluran dana bansos Covid-19.

“Saat ini, kami sedang mendalami sampai sejauh mana kebenarannya di lapangan,” ujarnya.

Hendra menjelaskan, guna mengantisipasi kejadian serupa adanya dugaan pungli dalam penyaluran dana bantuan sosial terkait pandemi Covid-19, menurutnya, ada mekanisme pengawasan di lapangan dengan melibatkan aparat pemerintah, termasuk TNI dan Polri.

“Peran kita dalam pendampingan pada saat pendistribusian bantuan sosial menjadi penting. Ini salah satu upaya mengurangi penyalahgunaan penyaluran dana bansos,” tandasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan